Mitos atau Fakta, Mobil Modifikasi Rawan Korsleting saat Musim Hujan?

Kompas.com - 09/07/2020, 09:22 WIB
Pikap Modifikasi bus-truck.idPikap Modifikasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pemilik mobil yang ingin tampil beda dengan memodifikasi kendaraannya. Salah satu kebiasaan yang banyak dilakukan adalah melakukan modifikasi yang berkaitan dengan kelistrikan, seperti menambah atau mengganti lampu, mengganti klakson, dan lainnya.

Meski posisinya yang tertutup dan kelihatannya aman, tapi perlu diingat, pemasangannya tidak melalui bengkel resmi. Sehingga, tidak ada jaminan kuat perangkat aftermarket tersebut akan baik-baik saja jika tidak dicek ulang.

Baca juga: Perhatikan 5 Komponen Krusial pada Mobil Saat Musim Hujan

Anjar Rosjadi, Executive Coordinator Technical Service Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan, kalau dilihat memang hampir semua barang aftermarket terkait kelistrikan tertutup. Tapi, di musim hujan dimana mobil terus menerus diguyur air, sebaiknya dicek kembali, terutama pada bagian perkabelannya.

Modifikasi Honda CivicIstimewa Modifikasi Honda Civic

"Tak jarang perangkat aftermarket yang diaplikasi pada bengkel umum atau non-spesialis pemasangan kabelnya tidak rapi. Bahkan, pada beberapa kasus ada yang hanya menyambung dan menyuntik kabel tanpa memperhatikan risikonya," kata Anjar, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Anjar menambahkan, kondisi tersebut akan sangat berbahaya ketika musim hujan, karena mobil akan lebih intens terkena air. Bahkan, kemungkinan air masuk ke dalam sistem kabel juga cukup besar. Dampaknya sangat merugikan bila sampai terjadi hubungan arus pendek, karena air sendiri merupakan penghantar listrik yang cukup baik.

Baca juga: Wahai Pengemudi Mobil, Lampu Hazard Enggak Perlu Nyala Saat Hujan

"Sebaiknya pemilik mobil untuk mengecek ulang kondisi pemasangan perangkat kelistrikan aftermarket-nya. Bila kurang yakin, pemilik bisa memangil atau menyambangi bengkel resmi atau ke bengkel spesialis," ujar Anjar.

Menurut Anjar, paling penting itu dipastikan lagi kondisi pada sambungan kabel, kalau hanya dibungkus atau diisolasi, lebih baik diganti dengan memasang soket, karena jauh lebih kedap saat terkena air.

Pastikan juga instalasinya rapi, tidak ada yang menyuntik kabel lain. Sebab, biasanya yang paling rentan bila terkena air adalah di bagian sambungan.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X