Perhatikan 5 Komponen Krusial pada Mobil Saat Musim Hujan

Kompas.com - 04/07/2020, 13:22 WIB
Ilustrasi berkendara saat hujan. Larmoyeux & BoneIlustrasi berkendara saat hujan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan mulai membasahi sebagian wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Untuk tetap bisa berkendara dengan aman dan nyaman, ada beberapa komponen pada mobil yang butuh perhatian ekstra.

Sebab, jika lalai atau diabaikan, komponen yang tidak bekerja sebagaimana mestinya tidak hanya dapat mencelakakan diri sendiri, tapi juga pengguna jalan lainnya.

Baca juga: Wahai Pengemudi Mobil, Lampu Hazard Enggak Perlu Nyala Saat Hujan

Nurrahman Adi Saputra, Kepala Bengkel Auto2000 Lampung Raden Intan, mengatakan, setidaknya ada lima bagian yang harus baik kondisinya.

Mengemudi saat hujan perlu kewaspadaan lebih Mengemudi saat hujan perlu kewaspadaan lebih

"Pertama dan yang terpenting adalah karet wiper.pastikan kemampuannya meyapu air dari kaca sangat baik, dan sebaiknya diganti segera mungkin ketika sudah tidak sempurna lagi. Lebih dari itu, bila kondisi karet sudah tidak baik, bisa merusak kaca karena gesekan," ujar Nurrahman, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Kedua, Nurrahman menambahkan, perhatikan kaca yang berjamur. Kaca perlu dirawat dan dibersihkan segera, supaya pandangan jelas ketika berkendara di saat hujan. Visibilitas yang baik tentunya dapat mempengaruhi kenyamanan dan keamanan berkendara.

Baca juga: Jangan Mau Dicap Pengemudi Ceroboh saat Musim Hujan

"Ketiga, komponen rem juga bisa menjadi perhatian, karena bila tak bagus performanya, terkadang suka terjadi gejala nyelonong yang tentu akan membahayakan. Jadi, butuh pembersihan dan perawatan," kata Nurrahman.

Keempat, pastikan kondisi lampu-lampu pada mobil bekerja dengan normal. Jika terjadi hujan deras saat di jalan, pengendara lain dapat mengetahui keberadaan mobil kita.

"Kelima, yang tak kalah pentingnya adalah kembangan ban. Apabila sudah botak sebaiknya dilakukan penggantian," ujar Nurrahman.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X