Jangan Asal Gaya, Modifikasi Juga Bisa Menunjang Fungsionalitas Motor

Kompas.com - 08/07/2020, 12:02 WIB
Limbah moge yang digunakan pada modifikasi motor sport motorexpertz.comLimbah moge yang digunakan pada modifikasi motor sport

JAKARTA, KOMPAS.com - Modifikasi motor tidak jarang dilakukan para biker yang memiliki motor sport 250cc keatas. Biasanya, mereka akan mengubah sedikit tampilan motornya dengan aksesori aftermarket.

Meski begitu, sebaiknya pemilik kendaraan memperhitungkan nilai dari fungsi modifikasi. Jangan sampai dana yang cukup besar keluar menjadi sia-sia.

Owner Dj Custom, Deddy Dermawanto, mengatakan, ada beberapa aksesori yang bisa menunjang fungsionalitas pada kendaraan. Lantas apa saja?

Baca juga: Bertemu Rombongan Pesepeda di Jalan, Begini Cara Menyalip yang Aman

1. Suspensi

Suspensi Ducati Supersport memakai produk OhlinsKompas.com - Adit, Ghulam Suspensi Ducati Supersport memakai produk Ohlins

Suspensi merupakan salah satu ubahan yang kerap dilakukan oleh pemilik kendaraan.

“Biasanya mereka mengganti suspensi depan yang tadinya menggunakan jenis teleskopik dengan menggunakan up side down,” ujar Deddy saat dihubungi Kompas.com, Selasa (7/6/2020).

Suspensi jenis up side down memang memiliki kelebihan dibanding teleskopik, di mana slinder yang awalnya di bagian bawah menjadi di atas dan fork tube dengan diameter lebih kecil berada di bagian bawah tepat pada sumbu roda.

Kelebihannya yaitu memiliki handling lebih baik, namun jelas lebih mahal untuk harganya.

2. Pengereman

Tuas di bawah pedal kopling itu merupakan rem jempol yang membuat pebalap bisa mengatur rem belakang tanpa menggunakan kaki kanan. Brembo.com Tuas di bawah pedal kopling itu merupakan rem jempol yang membuat pebalap bisa mengatur rem belakang tanpa menggunakan kaki kanan.

Biasanya pengguna motor sport akan mengganti sektor master rem. Jenis produk dan merknya beragam, mulai dari KTC sampai Brembo dengan harga yang variatif.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X