Motor BMW Bakal Punya Fitur Active Cruise Control

Kompas.com - 04/07/2020, 09:02 WIB
Teknologi cruise control pada motor BMW Rideapart.comTeknologi cruise control pada motor BMW

JAKARTA, KOMPAS.com - Teknologi cruise control bukan sesuatu yang baru di dunia otomotif. Fitur ini banyak ditemui pada mobil modern. Namun, belum ada yang menyematkannya pada sepeda motor.

Beberapa produsen motor, seperti KTM, Ducati, dan Kawasaki, mulai mengembangkan teknologi Active/Adaptive Cruise Control ( ACC). Tapi, belum ada dari ketiga pabrikan tersebut yang meluncurkannya ke pasaran.

Baca juga: Usai S1000XR, BMW Motorrad Siapkan F900R

Dikutip dari Rideapart.com, BMW Motorrad mulai memperkenalkan teknologi ACC, yang diberi nama BMW Motorrad ACC. Cara kerjanya mirip seperti cruise control pada mobil.

Teknologi cruise control pada motor BMWRideapart.com Teknologi cruise control pada motor BMW

Teknologi ini dapat diaktifkan pada kecepatan tertentu dan mengizinkan pengendaranya melepas gas, motor akan tetap berjalan pada kecepatan konstan yang telah ditetapkan.

Sistem juga akan mendeteksi jika ada kendaraan yang berada di depan, lalu menyesuaikan kecepatan untuk menjaga jarak. Khusus untuk teknologi BMW, pengendara memiliki tiga pilihan jarak untuk kendaraan di depan, mulai dari dekat hingga jauh.

Baca juga: BMW Motorrad Terantuk dan Jatuh karena Pandemi Corona

Hebatnya lagi, BMW tidak hanya mengembangkan teknologi ini untuk trek lurus. Pada saat menikung, sistem secara otomatis akan menurunkan kecepatan jika diperlukan. Tujuannya, agar pengendara bisa lebih nyaman saat menikung.

Teknologi cruise control pada motor BMWRideapart.com Teknologi cruise control pada motor BMW

Dari gambar yang ditampilkan oleh BMW, kemungkinan besar fitur ACC ini akan diaplikasikan pada K1600. Namun, pihak BMW belum menjelaskan secara resmi motor apa dan kapan fitur ini akan mulai tersedia.



Sumber rideapart
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X