Biker Pemula, Simak Tips Mengoperasikan Motor Kopling yang Benar

Kompas.com - 03/07/2020, 19:41 WIB
Kawasaki Ninja 250 FI kini punya peranti kopling baru yang membuat perpindahan gigi semakin mulus. KompasOtomotif-donny aprilianandaKawasaki Ninja 250 FI kini punya peranti kopling baru yang membuat perpindahan gigi semakin mulus.

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor kopling biasanya identik dengan pengendara pria, sebab pengoperasiannya yang lebih sulit dibanding motor skutik yaitu menggunakan kopling manual.

Cara mengoperasikannya pun berbeda dengan motor skutik atau bebek, karena harus menekan tuas kopling saat pindah gigi.

Head of Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani, mengatakan, bagi para pemula yang memakai motor kopling harus mengerti penggunaan kopling di motor.

Baca juga: Harga Bekas Honda Civic Estilo Tembus Rp 200 Jutaan      

Tuas kopling pada sepeda motor terletak di bagian kiri setang. Kopling berfungsi untuk memutus dan menyambungkan putaran mesin menuju transmisi dan memudahkan saat pindah gigi.

Kopling pada sepeda motor juga perlu dirawat secara rutinIstimewa Kopling pada sepeda motor juga perlu dirawat secara rutin

Tidak hanya untuk pemula saja, tak jarang yang sudah bisa memakai motor kopling kerap melakukan kesalahan, seperti jari tangan yang selalu stand by pada tuas kopling, atau menarik kopling saat berbelok.

Baca juga: Kawasaki Mulai Buka Pemesanan Ninja ZX-25R        

“Padahal cara tersebut membuat sepeda motor menjadi los sehingga keseimbangan menjadi sulit,” ujar Agus saat dihubungi Kompas.com.

Untuk biker pemula, setidaknya ada lima langkah pengoperasian motor kopling yang benar untuk dilakukan:     

1. Engine on dengan posisi gigi netral

2. Tarik tuas kopling

3. Pindahkan persneling ke posisi 1

4. Putar gas secara perlahan

5. Buka kopling secara perlahan hingga sepeda motor berjalan, jika mesin sudah limit pindahkan ke posisi gigi 2 dan selanjutnya. 



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X