Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Motor BMW Bakal Punya Fitur Active Cruise Control

JAKARTA, KOMPAS.com - Teknologi cruise control bukan sesuatu yang baru di dunia otomotif. Fitur ini banyak ditemui pada mobil modern. Namun, belum ada yang menyematkannya pada sepeda motor.

Beberapa produsen motor, seperti KTM, Ducati, dan Kawasaki, mulai mengembangkan teknologi Active/Adaptive Cruise Control (ACC). Tapi, belum ada dari ketiga pabrikan tersebut yang meluncurkannya ke pasaran.

Dikutip dari Rideapart.com, BMW Motorrad mulai memperkenalkan teknologi ACC, yang diberi nama BMW Motorrad ACC. Cara kerjanya mirip seperti cruise control pada mobil.

Teknologi ini dapat diaktifkan pada kecepatan tertentu dan mengizinkan pengendaranya melepas gas, motor akan tetap berjalan pada kecepatan konstan yang telah ditetapkan.

Sistem juga akan mendeteksi jika ada kendaraan yang berada di depan, lalu menyesuaikan kecepatan untuk menjaga jarak. Khusus untuk teknologi BMW, pengendara memiliki tiga pilihan jarak untuk kendaraan di depan, mulai dari dekat hingga jauh.

Hebatnya lagi, BMW tidak hanya mengembangkan teknologi ini untuk trek lurus. Pada saat menikung, sistem secara otomatis akan menurunkan kecepatan jika diperlukan. Tujuannya, agar pengendara bisa lebih nyaman saat menikung.

Dari gambar yang ditampilkan oleh BMW, kemungkinan besar fitur ACC ini akan diaplikasikan pada K1600. Namun, pihak BMW belum menjelaskan secara resmi motor apa dan kapan fitur ini akan mulai tersedia.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/04/090200115/motor-bmw-bakal-punya-fitur-active-cruise-control

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke