Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Honda Monkey Berjantung 250cc 4-Silinder

Kompas.com - 01/07/2020, 13:32 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TOKYO, KOMPAS.com - Honda Monkey merupakan motor hobi bertampang lucu. Meski demikian, ada saja yang kurang puas sehingga memutuskan untuk memodifikasi Monkey menjadi lebih beringas.

Seperti yang dilakukan oleh bengkel asal Jepang, yakni memodifikasi Monkey dengan menjejalinya mesin baru. Tak tanggung, motor imut itu kini menggendong mesin Honda CBR250R (MC17) 250cc 4-silinder.

Baca juga: Honda Monkey 125 Cafe Racer, Sebuah Pengecualian


Mesin dari kakek Honda CBR250RR (2016) 2-silinder ini membuat tampilan Monkey jadi berubah lebih kekar, dan tentu saja performanya jadi lebih sangar sebab mesin mampu memproduksi 45 tk dan torsi 25,5 Nm.

Agar mesin CBR250R tahun 80'an akhir itu bisa masuk maka butuh perombakan. Caranya yaitu memotong rangka dan menyambungnya lagi agar lebih panjang. Cukup ekstrem sebab jika salah rangka bakal mudah bengkok. 

Tidak disebutkan berapa penambahan pipa pada rangka agar mesin dengan radiator tersebut bisa masuk. Selain sasis yang melar, mesin tersebut juga dibuatkan dudukan baru agar lebih pakem.

Baca juga: Honda Monkey Termahal di Dunia, Nyaris Setengah Miliar


Usai rangka dan mesin, kaki-kaki ikut dibenahi. Suspensi depan pakai garpu terbalik (upside down), sedangkan lengan ayun belakang pakai punya aftermarket. Bentuknya lebih besar dengan dimensi lebih panjang.

Beres mesin dan kaki-kaki tinggal melengkapi detail. Tak main-main, komponen yang dipakai kualitas nomor wahid, seperti suspensi belakang Ohlins tabung dan knalpot Akrapovic dengan penyesuaian di header.

Fitur lainnya yaitu memakai speedometer digital yang dilengkapi tachometer untuk indikator pindah gigi. Sayangnya dengan perubahan tersebut, tidak dijelaskan apakah ada peningkatan di pengereman atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com