Merokok di Kabin Bisa Merusak AC, Mitos atau Fakta?

Kompas.com - 29/06/2020, 12:42 WIB
Ilustrasi merokok sambil berkendara Shutterstock.comIlustrasi merokok sambil berkendara
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebiasaan merokok memang tidak mudah dihilangkan begitu saja, termasuk saat berada di dalam mobil dengan kondisi penyejuk udara atau Air Conditioner ( AC) menyala.

Agar asap dari rokok tidak berkutat di dalam kabin, biasanya perokok akan membuka sedikit jendela agar asap bisa langsung keluar dan tidak berada di dalam kabin.

Aktivitas merokok di dalam kabin ini pun kemudian memunculkan anggapan bahwa asap yang dihasilkan dari rokok tersebut akan membuat AC cepat rusak.

Anggapan ini banyak dipercaya oleh para pemilik mobil, tetapi benarkan asap rokok bisa merusak AC mobil?

Menanggapi hal itu Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor ( TAM) Didi Ahadi menjelaskan, bahwa aktivitas merokok tidak begitu saja merusak AC.

Baca juga: Cegah Vapor Lock, Pentingnya Rutin Ganti Minyak Rem

Hanya saja, bau dari asap rokok akan sulit dihilangkan dari dalam kabin mobil. Kondisi ini tentunya akan membuat kurang nyaman penumpang yang tidak suka dengan bau asap rokok.

Ilustrasi AC mobildjedzura Ilustrasi AC mobil

“Cepat rusak mungkin tidak tapi asapnya kemungkinan bisa menempel di plafon dan lainnya. Memang sebaiknya tidak merokok di dalam kabin,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Minggu (28/6/2020).

Didi pun menyarankan agar pemilik mobil rutin untuk melakukan pengecekan cabin air filter. Hal ini untuk memastikan bahwa kondisi AC tetap bisa bekerja dengan bagus.

Pada kesempatan berbeda, Kepala Mekanik Spesialis AC Mobil Rotary Bintaro Jani mengatakan, bahwa asap rokok bisa menyebabkan kerusakan pada AC hanya mitos belaka.

Meski begitu, Jani tidak menampik jika kebiasaan merokok di dalam kabin tersebut bisa memunculkan hal buruk lainnya.

Baca juga: Begini Aturan Pajak Progresif Kendaraan di Provinsi Jateng

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X