Tarif Bus Damri Bandara Soetta Naik 100 Persen

Kompas.com - 28/06/2020, 16:19 WIB
45 bus Damri baru segera beroperasi menggantikan bus tua di Kota Bandung pada akhir bulan Maret 2015. Bus baru ini dilengkapi dengan wifi, AC, televisi LCD dan GPS. KOMPAS.COM/PUTRA PRIMA PERDANA45 bus Damri baru segera beroperasi menggantikan bus tua di Kota Bandung pada akhir bulan Maret 2015. Bus baru ini dilengkapi dengan wifi, AC, televisi LCD dan GPS.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Perum Damri mulai memberlakukan kenaikan tarif bus Damri untuk seluruh rute trayek dari dan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) Cengkareng, Tangerang.

Tak tanggung-tanggung biaya transportasi umum ini naik hingga 100 persen dari tarif bus Damri Bandara Soetta semula, yakni Rp 50.000 menjadi Rp 100.000 selama pandemi virus corona (Covid-19).

Meski demikian, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) Budi Setiyadi mengklaim bahwa penumpang saat ini masih dalam taraf memakluminya.

Baca juga: Merokok pada Bus AKAP Juga Pakai Aturan!

Bus DAMRI yang sedang mengangkut penumpang di shelter bus Terminal 1 Bandara Soekarno-HattaYANA GABRIELLA WIJAYA Bus DAMRI yang sedang mengangkut penumpang di shelter bus Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta

"Penumpang memahami bahwa kenaikan ini untuk menutup biaya operasional yang harus dikeluarkan dengan jumlah penumpang lebih sedikit selama pandemi," katanya dalam keterangan tertulis, Minggu (28/6/2020).

Budi berharap, jika kapasitas penumpang sudah diizinkan sebesar 70 persen maka harapan dia tarifnya akan kembali normal.

"Kalau demand belum normal kembali, masih jauh dari yang diharapkan, maka sepanjang itu operator mungkin saja masih menaikkan tarif. Karena operasional kendaraan masih sama dengan sebelum Covid-19,” ujar dia.

Baca juga: Mengenal Profesi Pengemudi Tengah dan Pinggir pada Bus AKAP

Bus Damri JAC kini layani warga dari Epicentrum di Jakarta Selatan menuju Bandara Soekarno Hatta dan sebaliknya. Rute itu secara resmi diluncurkankan, Selasa (24/7/2018)Stanly Ravel Bus Damri JAC kini layani warga dari Epicentrum di Jakarta Selatan menuju Bandara Soekarno Hatta dan sebaliknya. Rute itu secara resmi diluncurkankan, Selasa (24/7/2018)

Pada kesempatan sama, Budi juga menyatakan bahwa dalam kesempatan sebelumnya, pihak Kemenhub telah berdiskusi dengan Organisasi Angkutan Darat (Organda) dan Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia atau (IPOMI) terkait wacana menaikkan tarif sebesar 25 persen hingga 50 persen pada bus premium.

Adapun berbagai rute operasi bus Damri menuju Cengkareng saat ini, sebagaimana dikutip @DAMRIindonesia, sudah kembali beroperasi. Di antaranya, dari dan ke Bogor, Kampung Rambutan, Rawamangun, Bekasi Barat, Merat, Purwakarta, hingga Sukabumi dan Bogor.

Namun, para penumpang diharuskan memenuhi protokol kesehatan yang sudah dirumuskan pemerintah seperti membawa Surat Izin Keluar Masuk ( SIKM) wilayah Jakarta untuk perjalanan luar kota.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X