Beli Ban Mobil Secara Eceran, Perhatikan Ini

Kompas.com - 17/06/2020, 19:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika ban mobil sudah aus atau kembangnya menipis, pemilik mobil wajib untuk menggantinya dan membeli ban baru. Sebab, komponen ini memiliki fungsi yang vital dalam berkendara, terutama saat musim hujan.

Ban merupakan komponen yang bersentuhan langsung dengan permukaan aspal. Jadi, jika kondisinya tidak prima, maka bisa membahayakan pengemudi dan penumpang, bahkan nyawa bisa menjadi taruhannya.

Namun, harga ban yang relatif tinggi kerap membuat para konsumen untuk memilih beli ban secara eceran atau satuan, bukan empat sekaligus.

Baca juga: Perhatikan Hal-hal Ini Sebelum Pakai Mobil Usai Lama Diparkir

Lantas, bagaimana baiknya mekanisme pemasangan pada ban jika hanya membeli secara eceran?

On Vehicle Test (OVT) manager PT Gajah Tunggal Tbk, Zulpata Zainal, mengatakan, kalau hanya bisa mengganti dua ban lebih baik dipasang pada ban belakang.

Balancing roda perlu dilakukan rutin tiap 10.000 Km atau setiap merotasi ban mobil.KOMPAS.com/Dio Balancing roda perlu dilakukan rutin tiap 10.000 Km atau setiap merotasi ban mobil.

“Peranan ban belakang sangat besar sekali, lebih susah dikendalikan ketika oversteer. Kalau ban depan masih bisa dikontrol lewat setir,” katanya saat dihubungi Kompas.com, Rabu (17/6/2020).

Hal ini berlaku untuk semua jenis mobil dengan berbagai sistem penggerak. Menurut Zulpata, posisi ban belakang lebih prima dibutuhkan dalam kondisi darurat karena bisa membantu.

Baca juga: Tips Parkir Mobil yang Aman di Mal Saat Masa New Normal

“Tanpa melihat penggeraknya (penggerak depan atau belakang), tetap sama ban yang diganti yaitu ban belakang,” katanya.

Begitupun jika konsumen hanya mampu membeli satu ban baru saja, pemasangan ban baru juga baiknya dipasang di posisi yang sama.

“Apa boleh buat kalau hanya membeli satu, tetap dipasang pada bagian belakang, bisa di kanan atau kiri,” kata Zulpata.

Meski demikian, Zulpata menyarankan, jika membeli ban mobil dengan sistem eceran, baiknya interval yang satu dengan lainnya jangan berjarak terlalu lama, maksimal sebulan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.