Bahaya Langsung Nyalakan AC Setelah Hidupkan Mesin, Mitos atau Fakta?

Kompas.com - 15/06/2020, 17:21 WIB
ac mobil Kompas.com/Fathan Radityasaniac mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat kondisi cuaca panas, yang dilakukan para pemilik mobil biasanya saat masuk kabin langsung menyalakan pendingin udara ( air conditioner/ AC) setelah menghidupkan mesin.

Banyak yang beranggapan bahwa kebiasaan tersebut termasuk berbahaya. Beberapa orang menyebutkan bahwa komponen di dalam mobil yang berbahan karet dan plastik bisa mengalami reaksi kimia, saat terpapar sinar matahari. Dampak terburuk, itu bisa menyebabkan penyakit kanker.

Baca juga: Taksir Biaya Perbaikan AC Mobil yang Bermasalah

Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan, hal tersebut tidak benar. Menurutnya, tidak pernah ada informasi valid yang dia terima terkait fenomena itu.

ac mobilKompas.com/Fathan Radityasani ac mobil

“Mohon maaf, saya tidak ada referensi ataupun studi terkait hal tersebut. Sejauh belum ada informasi akan adanya gangguan kesehatan, yang diakibatkan langsung menyalakan AC saat masuk mobil, terutama saat panas,” kata Anjar, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Anjar menambahkan, untuk menghilangkan hawa panas di kabin ketika masuk mobil, sebaiknya dilakukan dengan cara membuka jendela. Tujuannya adalah agar terjadi pertukaran udara.

Baca juga: Ganti Filter AC Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah Aja

“Buka jendela agar terjadi sirkulasi udara dan udara panas yang terjebak bisa keluar. Tidak masalah menyalakan AC saat yang bersamaan,” ujar Anjar.

Didi Ahadi, Techical Support PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan fenomena tersebut hanyalah mitos belaka. Didi menyebutkan bahwa kabar tersebut tidak memiliki bukti.

“Tidak apa-apa, itu berita hoaks. Pastinya buat saya sendiri, ketika masuk ke dalam mobil apalagi dalam kondisi panas, baiknya buka jendela buat membuang panas. Perilaku tersebut, bisa meringankan kerja AC untuk mendinginkan kabin mobil,” kata Didi.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X