Ganti Filter AC Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah Aja

Kompas.com - 02/06/2020, 11:42 WIB
filter ac mobil gridoto.comfilter ac mobil

JAKARTA, KOMPAS.com – Semakin meluasnya penyebaran virus corona di Indonesia membuat mayarakat untuk tetap di rumah. Mumpung sedang di rumah aja, sambil menghilangkan bosan, bisa merawat kendaraan di rumah.

Perawatan mobil yang bisa dilakukan di rumah yaitu membersihkan atau mengganti filter air conditioner (AC) mobil.

Kelvin, pemilik bengkel spesialis AC, Rotary Bintaro, mengatakan kalau membersihkan filter AC bisa dilakukan sendiri.

Baca juga: Siap Bawa Penumpang, Begini Partisi Ojol Saat New Normal

filter ac mobilmotoris.id filter ac mobil

“Membersihkan filter AC mobil di rumah paling bisa diketuk-ketuk saja, biarkan debunya turun. Kalau mau dicuci memang bisa bersih, tetapi pada akhirnya filter itu akan berbulu dan malah menghalangi angin,” ucap Kelvin kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Pembersihan dengan cara diketuk-ketuk memang tidak maksimal. Hal ini dikarenakan filter AC di mobil tidak seperti yang ada di AC rumahan. Filter AC mobil sebaiknya diganti secara rutin.

“Membersihkan dengan angin dari kompresor juga bisa, tetapi hasilnya tetap tidak maksimal. Sebaiknya filter AC di mobil diganti setiap tiga sampai enam bulan, atau kalau dihitung kilometer, per 10.000 bisa diganti,” kata Kelvin.

Baca juga: Tak Memiliki SIKM, Polisi Pukul Mundur 37.585 Kendaraan Selama Arus Balik

Mengganti filter ac mobil juga bisa diganti sendiri di rumah. Pertama harus pastikan dulu lokasi filternya ada di mana, biasanya setiap mobil letaknya berbeda-beda. Lalu filter AC yang baru bisa didapatkan di e-commerce agar tidak keluar rumah.

Lalu saat ini juga model filter AC sudah semakin beragam. Banyak merek aftermarket yang menjual dengan berbagai fitur, seperti karbon dan filter yang bisa anti alergi. Perbedaan jenis filter ada di kemampuannya dalam menyaring debu sampai ukuran paling kecil.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X