Polisi Mulai Operasikan 6 Mobil SIM Keliling di Jakarta, Ini Lokasinya

Kompas.com - 11/06/2020, 11:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam upaya menekan kepadatan massa di kantor Satuan Penyelenggara Administrasi atau Satpas, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mulai operasikan enam mobil Surat Izin Mengemudi (SIM) keliling di wilayah Jakarta, Kamis (11/6/2020).

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menyatakan, mobil SIM keliling dapat melayani perpanjangan SIM bagi pemilik yang masa berlakunya habis selama pandemi virus corona (Covid-19).

"Ada enam (mobil) SIM keliling, tiga di Daan Mogot, tiga di Masjid At Tin Taman Mini Indonesia Indah," katanya, Rabu (10/6/2020).

Baca juga: Masa Berlaku SIM yang Habis di Tanggal Ini Tak Akan Ditilang Polisi

Antrean perpanjang SIMStanly Antrean perpanjang SIM

Sebelumnya, Polda Metro Jaya hanya mengoperasikan dua mobil SIM keliling yang tersebar di TMII, Jakarta Timur dan tiga mobil di Daan Mogot, Jakarta Barat.

Adapun operasional mobil SIM keliling, mulai sejak pukul 08.00 WIB dengan pembatasan jumlah pemohon, yaitu antara 150 sampai 200 orang.

"Buka dari jam 08.00 WIB sampai selesai, pendaftaran dibatasi kuota," kata dia.

Baca juga: Dispensasi Perpanjangan SIM Berlaku sampai 31 Agustus 2020

Tangkapan layar foto yang diunggah akun Instagram @jktinfo, Selasa (2/6/2020), menampilkan antrean pengunjung yang hendak memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) di kantor Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas) Jakarta Timur. Tangkapan layar Instagram Tangkapan layar foto yang diunggah akun Instagram @jktinfo, Selasa (2/6/2020), menampilkan antrean pengunjung yang hendak memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) di kantor Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas) Jakarta Timur.

Kendati demikian, diimbau untuk para pemilik SIM yang masa berlakunya habis dalam periode 17 Maret hingga 29 Mei 2020, jangan tergesa-gesa melakukan perpanjangan.

Sebab, pihak Polda Metro Jaya telah memberikan dispensasi perpanjangan sampai 31 Agustus 2020.

Polisi juga menyebut bahwa tidak akan melakukan penilangan kepada pemilik SIM yang masa berlakunya habis di periode tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.