Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ban Motor Terasa Peyang, Ini Salah Satu Penyebabnya

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban merupakan komponen penting yang ada pada kendaraan, sebab fungsinya yang sangat krusial karena berhadapan langsung dengan aspal.

Meski demikian, nyatanya kompenen tersebut paling sering mengalami masalah. Salah satu masalah yang terjadi pada ban yaitu flat spot.

Flat spot terjadi lantaran motor yang terlalu lama didiamkan dan permukaan ban langsung terkena lantai. Hawa dingin pada lantai menyebabkan bagian ban yang menempel menjadi rata atau flat.

Lantas, jika kondisi tersebut sudah terjadi, bisakah diperbaiki?

Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere, Ribut Wahyudi, mengatakan, tidak ada cara untuk memperbaiki ban yang sudah mengalami flat spot.

“Cara memperbaiki tidak ada, namun bisa dicegah dengan cara mengatur tekanan ban dengan standart. Kemudian, apabila motor tidak digunakan dalam waktu yang lama, hindari ban menyentuh lantai langsung,” ujar Ribut, kepada Kompas.com (10/6/2020)

Head of Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani, menambahkan, berkendara dengan ban motor yang mengalami flat spot bisa mengganggu kestabilan dari motor tersebut.

“Ketika berkendara, jalan yang dilewati akan terasa bergelombang,” katanya kepada Kompas.com.

Agus menambahkan, jika pengendara mengalami hal tersebut sebaiknya langsung melakukan pergantian ban, agar berkendara lebih nyaman dan aman, terutama ketika ingin bermaanuver.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/10/174100815/ban-motor-terasa-peyang-ini-salah-satu-penyebabnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke