Ciri-ciri Bikers Pemula Terlihat dari Kebiasaan Ini

Kompas.com - 10/06/2020, 10:22 WIB
Mengerem sepeda motor ada teorinya. mpm-motor.co.idMengerem sepeda motor ada teorinya.

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengendarai motor merupakan salah satu alternatif bepergian di perkotaan. Namun, ada ciri-ciri biker pemula yang bisa terlhat dari kebiasaan ini.

Kebiasaan sepele, yakni menahan jari tangan kanan menempel di tuas rem depan, seolah-solah siap mengerem.

Ini kebiasaan salah, bagi biker berpengalaman atau yang sudah mendapatkan pendidikan safety riding yang sesuai, perilaku ini tidak dibenarkan.

Dengan kondisi jalan yang ramai, menempatkan jari kanan di tuas rem depan dilakukan sebagai antisipasi. Padahal kebiasaan tersebut ternyata bisa berbahaya untuk pengendara itu sendiri.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, main dealer motor Honda wilayah Jakarta-Tangerang mengatakan, menempatkan jari tangan di tuas rem depan bukanlah kebiasaan yang aman.

Baca juga: Berlaku di Jalan Mana Saja jika Ganjil Genap Motor Diterapkan?

Jari di tuas remtribunnews.com Jari di tuas rem

“Jika jari menempel di tuas rem depan, maka jari akan refleks sebelum kita menutup gas atau bahkan sebelum ingin mengerem. Hal ini sering menyebabkan kecelakaan tunggal karena ban depan selip akibat jari terlalu cepat menarik rem depan,” kata Agus kepada Kompas.com, Selasa (9/6/2020).

Agus menjelaskan, cara pengereman yang baik yaitu dengan menutup gas terlebih dahulu, baru menarik tuas rem depan dan belakang secara bersamaan. Jari yang tidak menempel pada tuas rem depan, membuat penutupan gas menjadi sempurna.

“Kebiasaan jari menempel di tuas rem bisa disebabkan karena belajar motor otodidak. Tidak ada panduan yang baik bagaimana menggunakan rem,” ucap Agus.

Baca juga: Simpan Hand Sanitizer di Kabin Bisa Bikin Mobil Terbakar, Mitos atau Fakta?

Oleh karena itu, banyak yang beranggapan kalau menempelkan jari pada tuas rem depan merupakan hal yang biasa saja. Tips agar bisa merubah kebiasaan salah tersebut yaitu dengan selalu mengingat kalau menempelkan jari di tuas rem itu membahayakan.

“Ubah kebiasaan tersebut secara perlahan, memang sulit merubah kebiasaan yang salah. Lama-kelamaan kebiasaan yang tadinya menempelkan jari di tuas rem akan hilang jika memang mau mengubahnya,” kata dia.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X