Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tentrem Siap Ekspor Bus Medium ke Kenya

Kompas.com - 08/06/2020, 10:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Melalui akun instagram resmi perusahaan, karoseri Tentrem membocorkan rencana ekspor bus ke Kenya, Afrika Timur. Jenis bus yang akan dipasarkan  berupa bus medium dengan sasis Isuzu NQR 81.

Inisiasi ekspor ini merupakan bentuk kerja sama Tentrem dengan Kenya Coach Industries (KCI). KCI sendiri merupakan diler semua produk Isuzu dan pembuat bodi atau karoseri di Kenya, Afrika Timur.

Tentrem baru akan mengirim satu unit bus ke Kenya. Rencananya bus tersebut akan diekspor mulai pertengahan Juni 2020, setelah mengurus dokumen. Namun, kedepannya Tentrem akan mengirimkan potongan bodi bus, lalu dirakit secara CKD di Kenya.

Baca juga: Kecuali Ojol, Aturan Ganjil Genap Bakal Berlaku untuk Motor Pribadi

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Teaser first export unit Isuzu NQR81 to Kenya from @karoseritentrem ???? full@video akan tayang di youtube kita ????????????

A post shared by Tentrem Karoseri Official (@karoseritentrem) on Jun 6, 2020 at 3:16am PDT

 

Dimas Raditya, Marketing Staff dari karoseri Tentrem, mengatakan, model bus yang digunakan yaitu Venom dengan banyak penyesuaian.

“Kalau di sini pakai bodi Venom, nanti sampai di Kenya, akan diberi nama Zuri. Secara umum, bentuk bodinya sama, namun sedikit lebih besar dan panjang,” kata Dimas kepada Kompas.com, Minggu (7/6/2020).

Untuk sasis Isuzu NQR 81 diimpor langsung dari Jepang, berbeda dengan NQR 71 yang dibuat di Indonesia dan sering dijadikan sebagai landasan bus medium di Indonesia. Untuk kapasitas kursinya, kurang lebih 35 kursi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com