Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lihat Konsep Bus dengan Standar New Normal dari Brazil

Kompas.com - 08/06/2020, 07:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BRASILIA, KOMPAS.com – Pandemi virus corona atau Covid-19 terus terjadi di beberapa negara di dunia. Namun ada wacana new normal di mana masyarakat tetap beraktivitas dengan memerhatikan protokol kesehatan.

Dengan adanya protokol new normal, karoseri Marcopolo dari Brazil, membuat konsep bus dengan nama Marcopolo Biosafe. Secara tampilan luar memang seperti bus umum, namun ada penambahan teknologi canggih pada kabin.

CEO Marcopolo, James Bellini, mengatakan, konsep ini dibuat untuk memberikan solusi transportasi umum dengan mengutamakan keamanan penumpang dengan memerhatikan pedoman kesehatan.

Baca juga: Besok Ojol Sudah Boleh Bawa Penumpang, tapi Wajib Pakai APD

Kabin markopolo biosafebus-truck.id Kabin markopolo biosafe

Konsep bus Marcopolo Biosafe memiliki tujuan untuk mitra kami baik di Brazil atau negara lain untuk mendapatkan kepercayaan penumpang untuk kembali naik transportasi umum dengan rasa aman,” kata James melalui laman resmi Marcopolo.

Susunan kursi pada kabin diatur agar memiliki jarak yang aman setiap penumpangnya. Posisi duduk dibuat tiga baris dan tidak berdempetan. Selain itu, setiap kursi memiliki tirai agar bisa mengurangi penyebaran virus lewat droplets.

Kemudian pada pintu masuk penumpang, disediakan gel alkohol untuk membersihkan tangan. Canggihnya lagi, pada kabin bus memakai FIP, sistem yang bisa menyemprotkan disinfektan secara merata.

Baca juga: Honda BR-V dan Mobilio Diskon Rp 30 Juta

Sedangkan kalau di Indonesia, bisa menerapkan posisi duduk seperti yang ada pada bus suites class. Bentuk kursi rebah dari suites class membuat bus hanya diisi sedikit penumpang.

Kemudian jarak antar penumpangnya juga cukup memadai, sesuai anjuran physical distancing. Sehingga bus bisa kembali beroperasi dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com