Kebijakan Ganjil Genap Jakarta Berlaku Lagi 5 Juni 2020?

Kompas.com - 04/06/2020, 09:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta, sedianya akan berakhir pada Kamis 4 Juni 2020. Artinya kebijakan ganjil genap yang sementara ditiadakan sejak 16 Maret 2020, sudah bisa kembali diterapkan.

Meski begitu pihak berwenang rupanya belum menentukan kapan aturan ini bisa dimulai lagi. Sebab ganjil genap diprediksi bisa bermasalah pada masa pandemi seperti sekarang.

Aturan ganjil genap sejatinya mendorong orang untuk menggunakan transportasi umum yang banyak penumpang. Padahal pada masa new normal, warga masih disarankan melakukan physical distancing.

Baca juga: Daftar Harga BBM Pertamina, Shell, Total, dan Vivo per Juni 2020

Pos pemeriksaan SIKM di Kembangan, Jakarta BaratAkun instagram @info.jakartabarat Pos pemeriksaan SIKM di Kembangan, Jakarta Barat

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, saat ini kebijakan ganjil genap masih mengikuti rencana awal, yakni akan berlaku saat PSBB telah berakhir.

Namun ia membantah jika PSBB sudah bisa diterapkan pada Jumat 5 Juni 2020. Sebab pihaknya masih mengkaji efektifitas aturan ganjil genap pada masa new normal.

Ganjil genap tanggal 5 belum berlaku, sampai saat ini masih ditiadakan,” ucap Syafrin, kepada Kompas.com (3/6/2020).

Baca juga: Nissan Tutup Pabrik di Indonesia, Diskon Terra Tembus Rp 110 Juta

Petugas kepolisian mengatur lalulintas saat hari pertama penindakan sistem ganjil-genap di kawasan Matraman, Jakarta, Senin (9/9/2019). Petugas kepolisian mulai memberlakukan penindakan berupa tilang terhadap pengendara mobil yang melanggar di kawasan perluasan sistem ganjil-genap. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA Petugas kepolisian mengatur lalulintas saat hari pertama penindakan sistem ganjil-genap di kawasan Matraman, Jakarta, Senin (9/9/2019). Petugas kepolisian mulai memberlakukan penindakan berupa tilang terhadap pengendara mobil yang melanggar di kawasan perluasan sistem ganjil-genap. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.

Dikonfirmasi terpisah, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar, juga mengatakan hal senada.

Menurutnya meski jalanan Jakarta mulai ramai menjelang berakhirnya masa PSBB, namun secara umum masih tergolong lengang jika dibandingkan sebelum masa pandemi corona.

“Peningkatan volume kendaraan belum signifikan, besok akan kami infokan,” kata Fahri, kepada Kompas.com (3/6/2020).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.