Viral Video Pemotor Cium Aspal, Ingat Konsentrasi saat Berkendara

Kompas.com - 30/05/2020, 07:02 WIB
kecelakaan pemotor saat menghindari ban serep yang terlepas KOMPAS.com/Aprida Mega Nandakecelakaan pemotor saat menghindari ban serep yang terlepas

JAKARTA, KOMPAS.com - Konsentrasi dan kesiapan fisik mutlak dibutuhkan saat berkendara di jalan raya. Sebab, jika tidak, bisa saja hal buruk seperti kecelakaan menimpa kita.

Seperti salah satu contoh video yang sedang viral baru-baru ini, di mana sebuah kecelakaan menimpa dua orang pemotor karena dihantam ban cadangan mobil yang terlepas di tengah jalan raya.

Video yang diunggah oleh akun instagram @pertamax7 ini terjadi di Pasuruan, Jawa Timur. Dalam video berdurasi 12 detik tersebut memperlihatkan salah satu pemotor yang sedang melakukan vlogging dan merekam detik-detik saat kecelakaan terjadi.

Baca juga: Berkendara Dekat Truk, Bunyikan Klakson Sebagai Tanda

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Ngeri ???? ban cadangan copot ???????? #pertamax7 #bancadangan #mobil #car #sparetire #accident #kecelakaan #banlepas #bancopot ???? @mujahid_ash_saleh

A post shared by Pertamax7.com (@pertamax7) on May 28, 2020 at 12:03pm PDT

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam video tersebut terlihat dua pengendara nampak tidak bisa menghindar ban mobil yang lepas secara tiba-tiba ke arah mereka, alhasil terjadi tabrakan beruntun, sehingga membuat keduanya terjungkal ke aspal.

Terkait hal ini, Head of Safety Riding Promotion, Agus Sani, mengatakan, pengendara motor seharusnya lebih fokus dan menjaga jaga jarak antar kendaraan, apalagi dalam kecepatan tinggi seperti dalam video tersebut.

“Jika dilihat dari sisi safety riding-nya, tentu pengendara sepeda motor pertama itu kaget karena tiba-tiba ada ban mobil yang jatuh dari mobil di depan. Hal tersebut memang sulit untuk dihindari jika situasinya seperti itu, karena sepeda motor berjalan dengan kecepatan lumayan tinggi antara 60 hingga 70 Km per jam (Kpj), sehingga pengendara tidak siap,” kata Agus saat dihubungi Kompas.com, Jumat (29/05/2020)

Baca juga: Colokan USB di Kabin Bus Bukan untuk Isi Daya Powerbank

Agus menegaskan, ketika berkendara pemotor sebaiknya tetap menggunakan dua tangan dan tidak melepasnya dari kemudi dalam kondisi apapun. Jika memang harus (melepas tangan), sebaiknya pengendara menepi terlebih dahulu.

“Kalau dilihat lebih teliti, pemotor sebenarnya masih bisa menghindar jika memiliki konsentrasi penuh saat berkendara. Namun, konsentrasinya terganggu dan tidak bisa melakukan refleks yang baik, karena pengemudi melepas tangan untuk menunjukkan objek dalam kecepatan tinggi,” katanya.

Oleh sebab itu, ia berpesan kepada pemotor untuk tidak melakukan hal lain ketika berkendara agar konsetrasinya tetap fokus dan menyiapkan diri agar bisa antisipasi apabila terjadi seperti kejadian dalam video tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.