Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Viral Video Pemotor Cium Aspal, Ingat Konsentrasi saat Berkendara

JAKARTA, KOMPAS.com - Konsentrasi dan kesiapan fisik mutlak dibutuhkan saat berkendara di jalan raya. Sebab, jika tidak, bisa saja hal buruk seperti kecelakaan menimpa kita.

Seperti salah satu contoh video yang sedang viral baru-baru ini, di mana sebuah kecelakaan menimpa dua orang pemotor karena dihantam ban cadangan mobil yang terlepas di tengah jalan raya.

Video yang diunggah oleh akun instagram @pertamax7 ini terjadi di Pasuruan, Jawa Timur. Dalam video berdurasi 12 detik tersebut memperlihatkan salah satu pemotor yang sedang melakukan vlogging dan merekam detik-detik saat kecelakaan terjadi.

Terkait hal ini, Head of Safety Riding Promotion, Agus Sani, mengatakan, pengendara motor seharusnya lebih fokus dan menjaga jaga jarak antar kendaraan, apalagi dalam kecepatan tinggi seperti dalam video tersebut.

“Jika dilihat dari sisi safety riding-nya, tentu pengendara sepeda motor pertama itu kaget karena tiba-tiba ada ban mobil yang jatuh dari mobil di depan. Hal tersebut memang sulit untuk dihindari jika situasinya seperti itu, karena sepeda motor berjalan dengan kecepatan lumayan tinggi antara 60 hingga 70 Km per jam (Kpj), sehingga pengendara tidak siap,” kata Agus saat dihubungi Kompas.com, Jumat (29/05/2020)

Agus menegaskan, ketika berkendara pemotor sebaiknya tetap menggunakan dua tangan dan tidak melepasnya dari kemudi dalam kondisi apapun. Jika memang harus (melepas tangan), sebaiknya pengendara menepi terlebih dahulu.

“Kalau dilihat lebih teliti, pemotor sebenarnya masih bisa menghindar jika memiliki konsentrasi penuh saat berkendara. Namun, konsentrasinya terganggu dan tidak bisa melakukan refleks yang baik, karena pengemudi melepas tangan untuk menunjukkan objek dalam kecepatan tinggi,” katanya.

Oleh sebab itu, ia berpesan kepada pemotor untuk tidak melakukan hal lain ketika berkendara agar konsetrasinya tetap fokus dan menyiapkan diri agar bisa antisipasi apabila terjadi seperti kejadian dalam video tersebut.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/30/070200415/viral-video-pemotor-cium-aspal-ingat-konsentrasi-saat-berkendara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke