Pembelian Mobil Secara Tunai Meningkat Selama Pandemi

Kompas.com - 19/05/2020, 07:22 WIB
Booth Daihatsu di POMA 2014 Astra Daihatsu MotorBooth Daihatsu di POMA 2014

JAKARTA, KOMPAS.comVirus corona atau Covid-19 telah berdampak pada sejumlah aspek, termasuk industri otomotif. Kebiasaan konsumen dalam membeli mobil selama pandemi diklaim ada perubahan, meski secara umum trennya masih sama.

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing and CR Division Head Astra International Daihatsu Sales Operation, mengatakan, sampai saat ini pembelian secara kredit masih jadi skema yang banyak dipilih konsumen.

Walau demikian, menurutnya terjadi peningkatan tren konsumen yang membeli mobil secara tunai selama pandemi corona.

Baca juga: Daftar Mobil Bekas Rp 20 Jutaan, Dapat Starlet sampai Accord

Ilustrasi Transaksi pembelian mobil di dealershutterstock Ilustrasi Transaksi pembelian mobil di dealer

“Sekarang yang cash meningkat, yang kredit 75 persen dan 25 persen cash. Padahal sebelum pandemi, 80 persen kredit dan 20 persen cash,” ucap Hendrayadi, dalam konferensi video belum lama ini.

Ia menambahkan, salah satu faktor yang membuat pembelian mobil secara tunai meningkat adalah lebih ketatnya pengajuan kredit yang dilakukan pihak leasing.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, menurutnya pembeli Daihatsu selama pandemi adalah konsumen lama. Jadi kebanyakan memang mereka yang sudah pernah memiliki mobil Daihatsu.

Baca juga: Resmi, Anies Juga Larang Mudik Lokal

Pabrik Daihatsu di KarawangZulkifli BJ Pabrik Daihatsu di Karawang

Hendrayadi juga mengatakan, angka kontribusi DKI Jakarta sebagai wilayah yang selalu mendapat penjualan terbesar, telah menurun selama pandemi.

Jika sebelum musim virus corona kontribusi Ibu Kota bisa mencapai 30 persen, saat aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberlakukan turun jadi 26 persen.

Peningkatan kontribusi justru dialami wilayah Sumatera Utara, yang biasanya berkontribusi 16 persen, meningkat jadi 20 persen pada April 2020.

“Sekarang kena PSBB semua, ini menekan pembelian mobil," ucap Hendrayadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.