Kompas.com - 15/05/2020, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelapis jok dari bahan kulit asli mulai tersedia pada mobil golongan biasa alias nonpremium, demi mendongkrak pemasaran. Tidak sedikit pula pemilik mobil yang juga menginginkan kenyamanan dan kemewahan kabin dengan mengganti pelapis jok mobil dengan kulit yang asli.

Business Development Manager Lederlux, Yussanto, menjelaskan yang dimaksud kulit asli adalah pelapis jok dari binatang, umumnya menggunakan hasil pengolahan sapi.

Kulit asli memang paling nyaman dirasakan dibanding dengan bahan lain. Akan tetapi, kurang kuat terhadap sinar ultraviolet. Dapat menjadikan warna pudar dan retak,” ujar Yussanto kepada Kompas.com.

Baca juga: Jarang Diketahui, Ini Beda Antara Salon Mobil dengan Auto Detailing

Kulit asli dapat lebih awet apabila ada perawatan yang instensif. Khususnya, di bagian yang sering diduduki, maupun yang terkena kotoran yang harus segera dibersihkan.

Langkah pertama usap menggunakan plas chamoisKompasOtomotif Langkah pertama usap menggunakan plas chamois

“Bahan pembersihnya ada yang berbentuk krim, ini biasanya mengandung minyak yang berfungsi sebagai perawatan kulit tersebut. Biasanya meninggalkan bekas yang agak mengkilap,” kata Yussanto.

Pembersih khusus jok kulit tersedia di pasar, tinggal memilih mana yang sesuai kebutuhan, salah satunya soal kandungan PH.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Minum BBM Premium dan Pertalite Biaya Servis Mobil Lebih Mahal?

Yussanto melanjutkan, alat-alat yang diperlukan antara lain, sikat halus, kain halus, dan lap chamois. Cairan pembersihnya bisa menggunakan yang model semprot atau krim.

“Untuk krim pembersih, colek secukupnya menggunakan jari atau langsung ke kain halus. Lalu, tempelkan pada bagian yang kotor. Setelah itu, gosok dengan menggunakan sikat yang halus,” katanya.

Selanjutnya, lap dan ratakan dengan bahan yang halus untuk menggunakan lap plas chamois yang sudah disiapkan tadi,

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.