Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jarang Diketahui, Ini Beda Antara Salon Mobil dengan Auto Detailing

Kompas.com - 14/05/2020, 19:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak sedikit pemilik kendaraan bermotor yang belum tahu perbedaan antara salon mobil dengan auto detailing. Sekilas mungkin sama, namun ada pembeda jelas dalam menggunakan cairan pembersih.

Selain itu, proses pengerjaan auto detailing menggunakan alat khusus sehingga hasilnya akan lebih detail. Bahkan, daya tahan dan kebersihannya pun lebih lama ketimbang datang ke salon mobil.

Chief Executive Officer HD Car Care Indonesia, Yaska Wu , memberikan salah satu contoh, dalam membersihkan ban mobil di tempat auto detailing akan dibersihkan hingga ke baut, sedangkan ke salon mobil hanya sampai pelek dan di semir.

Baca juga: Honda Super Cub dengan Konsep Modern Retro

Poles mobil dengan disorot lampu LED untuk hasil yang maksimal.Ghulam/Otomania Poles mobil dengan disorot lampu LED untuk hasil yang maksimal.

Auto detailing dapat mencakup elemen pembersihan, pemulihan eksterior, dan interior,” ujar Yaska kepada Kompas.com.

Yaska menjelaskan, ada beberapa tahapan dalam proses auto detailing, dimulai dari Cleaning dengan mencuci sampai bersih objeknya.

Baca juga: Lorenzo Batal Balapan, Tidak Ada Wild Card Musim ini

Selanjutnya, akan dilakukan paint correction bisa dilakukan dengan compounding, polishing, dan glazing, serta produk-produk lain yang dibuat untuk mengatasi persoalan-persoalan spesifik pada permukaan kendaraan.

Kemudian, yang terakhir yaitu maintenance. Proteksi yang diberikan pada kendaraan bersifat temporal. Durasinya bisa berbeda-beda, tergantung pada kemampuan produk masing-masing.

“Teknologi paint protection yang sangat populer di dunia, yaitu Nano Ceramic Coating yang sifatnya melapisi dan memproteksi cat kendaraan jauh lebih baik dari pada wax,” kata Yaska.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com