Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Sederhana Membersihkan Jok Berlapis Kulit Asli

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelapis jok dari bahan kulit asli mulai tersedia pada mobil golongan biasa alias nonpremium, demi mendongkrak pemasaran. Tidak sedikit pula pemilik mobil yang juga menginginkan kenyamanan dan kemewahan kabin dengan mengganti pelapis jok mobil dengan kulit yang asli.

Business Development Manager Lederlux, Yussanto, menjelaskan yang dimaksud kulit asli adalah pelapis jok dari binatang, umumnya menggunakan hasil pengolahan sapi.

“Kulit asli memang paling nyaman dirasakan dibanding dengan bahan lain. Akan tetapi, kurang kuat terhadap sinar ultraviolet. Dapat menjadikan warna pudar dan retak,” ujar Yussanto kepada Kompas.com.

Kulit asli dapat lebih awet apabila ada perawatan yang instensif. Khususnya, di bagian yang sering diduduki, maupun yang terkena kotoran yang harus segera dibersihkan.

“Bahan pembersihnya ada yang berbentuk krim, ini biasanya mengandung minyak yang berfungsi sebagai perawatan kulit tersebut. Biasanya meninggalkan bekas yang agak mengkilap,” kata Yussanto.

Pembersih khusus jok kulit tersedia di pasar, tinggal memilih mana yang sesuai kebutuhan, salah satunya soal kandungan PH.

Yussanto melanjutkan, alat-alat yang diperlukan antara lain, sikat halus, kain halus, dan lap chamois. Cairan pembersihnya bisa menggunakan yang model semprot atau krim.

“Untuk krim pembersih, colek secukupnya menggunakan jari atau langsung ke kain halus. Lalu, tempelkan pada bagian yang kotor. Setelah itu, gosok dengan menggunakan sikat yang halus,” katanya.

Selanjutnya, lap dan ratakan dengan bahan yang halus untuk menggunakan lap plas chamois yang sudah disiapkan tadi,

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/15/102200715/cara-sederhana-membersihkan-jok-berlapis-kulit-asli

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke