Pakai Grabwheels buat Antar Makanan Jarak Dekat

Kompas.com - 14/05/2020, 19:42 WIB
Bisnis Dorodokcu milik Ulfah Nurfebrianti DOK. PRIBADI/GRABBisnis Dorodokcu milik Ulfah Nurfebrianti

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 atau virus corona di Indonesia, nampaknya belum mereda. Hal ini tentu sangat berpengaruh bagi beberapa sektor usaha dan para pekerja, tidak terkecuali driver ojek online (ojol).

Semenjak pandemi ini hadir, driver ojol tidak diperbolehkan membawa penumpang. Hanya boleh melayani pengiriman barang dan pengantaran makanan. Tidak sedikit dari mereka yang protes akan hal ini, namun keputusan pemerintah sudah bulat.

Bahkan demi mendukung pencegahan virus corona, jasa antar penumpang pun juga dihilangkan oleh aplikator selama pandemi.

Baca juga: 5 Peralatan Darurat yang Harus Ada di Mobil

Terkait hal ini, Grab Indonesia menghadirkan fitur Grabwheels khusus Grabfood yang bisa menjadi solusi mitra di tengah pandemi. Sepeda listrik ini diperuntukan untuk para driver mengantar makanan dengan jarak hanya satu kilometer.

Sebelumnya, shelter Grabwheels hanya di Kuningan sejak Februari 2020, tapi sekarang sudah ada shelter baru di Tanjung Duren Jakarta Barat. 

Grab Wheels khusus GoofodKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Grab Wheels khusus Goofod

Salah satu driver Grabwheels, Nofal Fadillah, mengatakan, dengan adanya Grabwheels bisa sedikit membantu menekan pengeluaran di tengah pandemi ini.

“Menurut saya pribadi, ini bisa menekan pengeluaran mitra Grab, karena tidak harus bayar bensin. Selain itu, di masa pandemi seperti ini apalagi bulan puasa order makanan semakin banyak, sehari bisa dapat 5 sampai 7 orderan. Karena jarak shelter yang di Tanjung Duren dengan pengantaran makanannya dekat-dekat,” ujar Nofal kepada Kompas.com, Kamis (14/05/2020)

Baca juga: Siapa Konsumen Motor Perang Rusia Ural Motorcycles

Meski fitur ini baru terdapat di daerah shelter yang sudah disebutkan di atas, Nofal mengaku banyak ibu-ibu dan wanita yang ikut mendaftar Grabwheels khusus Grabfood.

“Ya mungkin karena naik sepeda juga, mereka jadi lebih mudah. Belum lagi ini sistemnya sewa perhari, jadi siapapun bisa daftar,” katanya.

Namun, hal yang berbeda diungkap oleh driver Grab, Ardiansyah, ia mengaku belum mendapatkan notifikasi untuk bisa ikut fitur Grabwheels khusus Grabfood.

“Ada yang langsung dapat notifikasi untuk bergabung, tapi ada juga yang harus daftar lagi untuk bisa mengakses Grabwheels. Tapi saya pribadi lebih suka pakai motor, karena jarak pengantarannya tidak dibatasi,” ujar Ardi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X