Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Peralatan Darurat yang Harus Ada di Mobil

Kompas.com - 14/05/2020, 16:42 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Apapun bisa terjadi di tengah jalan. Karena itu membawa peralatan darurat di mobil sangat penting, karena bisa menyelamatkan Anda dari berbagai situasi yang tidak diinginkan.

Bambang Supriyadi, Head Product Improvement/ EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor, mengatakan, ada lima peralatan darurat yang sebaiknya ada di dalam mobil.

Baca juga: Begini Aturan Bawa Penumpang Mobil Saat Mudik Lokal di Jabodetabek

"Kelima peralatan tersebut, antara lain kunci-kunci untuk membuka roda, ban cadangan, dongkrak, kotak P3K, dan alat komunikasi," katanya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Ilustrasi kotak P3K di mobilSHUTTERSTOCK Ilustrasi kotak P3K di mobil

Bambang mengatakan, kunci roda, dongkrak dan ban cadangan merupakan perkakas standar yang harus tersedia di mobil. Karena kita tidak pernah tahu kapan ban kempis di tengah jalan.

Adapun kotak P3K harus punya alat bantu medis standar, mulai dari cairan pembersih luka, kain kasa atau perban, gunting kecil, dan obat-obatan lainnya.

Baca juga: Jangan Sepelekan Kotoran Burung pada Bodi Mobil

Terakhir, alat komunikasi agar dapat memberi kabar pada kerabat atau orang lain mengenai kondisi kita jika terjadi sesuatu di jalan.

Selain itu jangan lupa juga untuk selalu membawa segitiga pengaman, yang bertugas sebagai isyarat bila kendaraan berhenti dalam keadaan darurat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com