5 Peralatan Darurat yang Harus Ada di Mobil

Kompas.com - 14/05/2020, 16:42 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Apapun bisa terjadi di tengah jalan. Karena itu membawa peralatan darurat di mobil sangat penting, karena bisa menyelamatkan Anda dari berbagai situasi yang tidak diinginkan.

Bambang Supriyadi, Head Product Improvement/ EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor, mengatakan, ada lima peralatan darurat yang sebaiknya ada di dalam mobil.

Baca juga: Begini Aturan Bawa Penumpang Mobil Saat Mudik Lokal di Jabodetabek

"Kelima peralatan tersebut, antara lain kunci-kunci untuk membuka roda, ban cadangan, dongkrak, kotak P3K, dan alat komunikasi," katanya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Ilustrasi kotak P3K di mobilSHUTTERSTOCK Ilustrasi kotak P3K di mobil

Bambang mengatakan, kunci roda, dongkrak dan ban cadangan merupakan perkakas standar yang harus tersedia di mobil. Karena kita tidak pernah tahu kapan ban kempis di tengah jalan.

Adapun kotak P3K harus punya alat bantu medis standar, mulai dari cairan pembersih luka, kain kasa atau perban, gunting kecil, dan obat-obatan lainnya.

Baca juga: Jangan Sepelekan Kotoran Burung pada Bodi Mobil

Terakhir, alat komunikasi agar dapat memberi kabar pada kerabat atau orang lain mengenai kondisi kita jika terjadi sesuatu di jalan.

Selain itu jangan lupa juga untuk selalu membawa segitiga pengaman, yang bertugas sebagai isyarat bila kendaraan berhenti dalam keadaan darurat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.