Kompas.com - 12/05/2020, 17:41 WIB
Pengunjung menyaksikan pameran otomotif Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019). Pameran otomotif terbesar ini akan berlangsung hingga 5 Mei 2019 mandatang. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOPengunjung menyaksikan pameran otomotif Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019). Pameran otomotif terbesar ini akan berlangsung hingga 5 Mei 2019 mandatang.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Merasakan performa kendaraan secara langsung (test drive) sebelum menggarasikannya merupakan salah satu kegiatan yang kerap dilakukan calon konsumen.

Pasalnya, melalui hal tersebut berbagai informasi tak tertulis bakal didapatkan mulai dari kenyamanan berkendara, kesesuaian dengan postur tubuh, hingga ketangkasan dapur pacu kendaraan.

Sekertaris Jenderal Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Kukuh Kumara bahkan menyebut, hampir 80 persen warga Indonesia yang melakukan test drive di diler maupun pameran otomotif, melanjutkan proses pembelian.

Baca juga: Jika Jadwal GIIAS 2020 Diundur Lagi, Pameran Batal

Perjalanan test drive jajaran mobil hybrid dan PHEV Toyota, dari Banyuwangi-Bali, 9-11 Oktober 2019.CUTENK Perjalanan test drive jajaran mobil hybrid dan PHEV Toyota, dari Banyuwangi-Bali, 9-11 Oktober 2019.

"Investasi ke mobil itu tidak murah, ratusan juta dikeluarkan. Jadi tidak cukup bagi mereka hanya melihat secara virtual saja dan membaca buku spesifikasinya. Dibutuhkan test drive," katanya dalam diskusi virtual, Senin (11/5/2020).

"Kalau fitur-fitur mungkin bisa dilihat dan dibandingkan, ya. Tapi ada suatu hal yang harus dirasakan secara langsung, yakni feel berkendara. Sampai saat ini, hal tersebut nampaknya belum tergantikan (hanya ada di test drive)," lanjut dia.

Baca juga: Ini Alasan GIIAS 2020 Tetap Digelar

Oleh karena itu, cukup sulit untuk menggantikan transaksi atau layanan pembelian mobil secara langsung dengan digital, apalagi pamerannya.

"Sesuai perkembangan zaman, memang tak menutup kemungkinan ya karena segala sesuatu sudah bisa dilakukan secara digital. Tapi dalam kasus mobil, itu berbeda sekali. Orang masih butuh namanya mencoba dan merasakan langsung dahulu sebelum memutuskan pembelian," kata Presiden Direktur Seven Event, Romi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.