Ketahui Keunggulan Ban Radial untuk Motor Sport

Kompas.com - 11/05/2020, 03:42 WIB
Progresif TWI pada ban FDR KOMPAS.com/GilangProgresif TWI pada ban FDR

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban dengan kontruksi radial mulai banyak ditawarkan untuk motor sport 250 cc ke atas. Alasannya ban radial lebih cocok untuk mengakomodir motor yang memiliki kecepatan tinggi.

Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk, Dodiyanto, mengatakan, secara general keunggulan ban radial yaitu memiliki kontruksi yang lebih kuat tapi ringan ketimbang ban bias.

Baca juga: Plus Minus Memperbesar Profil Ban Motor

"Intinya untuk motor besar dengan kecepatan tinggi memang perlu ban yang stabil. Ban selalu bergesekan dengan aspal, gesekan itu menghasilkan panas. Ban radial diciptakan untuk mereduksi itu, sehingga konstruksinya juga lebih kuat," kata Dodi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Produk ban IRC yang dipajang pada Jakarta Fair 2015 Produk ban IRC yang dipajang pada Jakarta Fair 2015

Dodi menjelaskan, pada ban radial IRC Radial RMC810 ZR memiliki serat nylon dan ditambah bahan aramid. Bahan ini membuat dinding ban bisa lebih tipis tapi sudutnya lebih lentur, memperkuat karakter handling pengguna motor sport.

Baca juga: Bahaya Flat Spot pada Ban Motor dan Cara Memperbaikinya

Jimmy Handoyo, Technical Service & Developement Departemen Head PT Suryaraya Rubberindo Industries, produsen ban FDR, mengatakan, ban radial bahkan bisa berpengaruh pada kecepatan dan akselerasi motor.

"Efeknya cukup banyak, mulai dari kecepatan yang lebih baik hingga dapat menanggung beban yang lebih berat," kata Jimmy kepada Kompas.com, belum lama ini.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X