Bagi Pengusaha, Kenali 5 Penyebab Dinding Ban Truk atau Bus Benjol

Kompas.com - 08/05/2020, 09:42 WIB
Ban truk kembung TyredekhoBan truk kembung

JAKARTA, KOMPAS.com – Ban dalam kendaraan niaga merupakan komponen yang penting, selain untuk keselamatan, penting juga dalam menghemat biaya operasional. Namun jika tidak benar merawatnya, ban malah bisa rusak, tidak bisa dipakai.

Salah satu kerusakan pada ban untuk kendaraan niaga yaitu ban kembung/ benjol. Pada kendaraan niaga ban benjol bisa terjadi karena banyak hal.

Bambang Widjanarko, Independent Tire Analyst dan Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, menjelaskan ada lima penyebab ban kendaraan niaga bisa benjol.

Baca juga: Ingin Balik Nama Kepemilikan Kendaraan, Segini Rincian Biayanya

Berikut ini uraiannya

1. Karena overheat

Penggunaan truk atau bus tanpa istirahat bisa menyebabkan temperatur pada ban menjadi tinggi. Selain itu penyebab lainnya seperti overinflation/underinflation, overloading, dan penggunaan rem kaki yang terlalu sering.

“Overheat yang disebabkan hal di atas menyebabkan lepasnya rekatan antara kerangka baja ban dengan karetnya. Sehingga udara masuk ke sela-sela tersebut dan menjadi kembung,” kata Bambang kepada Kompas.com, Kamis (7/5/2020).

Kasatlantas Polres Pekalongan AKP Ariakta Gagah Nugraha saat mengecek lubang jalan di ruas jalan tol Pemalang-Batang.Kompas.com/Ari Himawan Kasatlantas Polres Pekalongan AKP Ariakta Gagah Nugraha saat mengecek lubang jalan di ruas jalan tol Pemalang-Batang.

2. Membentur lubang

“Ketika ban membentur lubang atau benda padat lainnya, bisa membuat deformasi susunan pada rangkaian kerangka ban,” ucap Bambang.

Jalan yang berlubang menjadi penyebab dari ban truk/bus menjadi kembung. Selain susunan kerangka ban yang berubah, benturan tersebut juga menyebabkan lepasnya rekatan antara kerangka dengan karet ban.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X