Toyota Sulap HiAce Jadi Kendaraan Medis Penderita Covid-19

Kompas.com - 04/05/2020, 17:21 WIB
Modifikasi Toyota HiAce jadi kendaraan medis Covid-19 Motor1.comModifikasi Toyota HiAce jadi kendaraan medis Covid-19
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Beragam cara dilakukan pabrikan otomotif dunia untuk membantu menangani panedemi corona ( Covid-19). Mulai dengan berdonasi, membuat perlengkapan medis, seperti masker, APD, sarung tangan, dan merancang ventilator.

Bahkan sampai ada yang memodifikasi kendaraan secara khusus untuk mengangkut pasien Covid-19.

Contohnya seperti yang dilakukan Toyota Motor Corporation (TMC) dengan merancang HiAce menjadi kendaraan medis guna membawa pasien Covid-19 yang sudah terkontaminasi serius.

Melansir dari Motor1, Toyota mengubah HiAce sebagai kendaraan transportasi layaknya ambulans.

Hal ini cukup wajar, mengingat secara desain, dimensi, dan kelapangan yang dimiliki HiAce sudah cukup proposional dijadikan sebagai kendaraan medis.

Baca juga: Tanda-tanda Bensin di Dalam Tangki Sudah Basi

Lantaran itu, modifikasi yang dilakukan tidak ke sektor visual, seperti mobil-mobil modifikasi pada umumnya, melainkan lebih ke teknis kelengkapan penanganan pasien.

Modifikasi Toyota HiAce jadi kendaraan medis Covid-19Motor1.com Modifikasi Toyota HiAce jadi kendaraan medis Covid-19

Tepatnya, Toyota mengambangkan HiAce sebagai kendaraan pengendali sirkulasi udara yang memiliki kompartemen interior untuk memisahkan antara kabin depan dengan bagian belakang.

Rancang bangunnya juga tergolong sederhana, karena hanya menggunakan kipas yang ditempatkan pada penghalang antar interior. Dengan demikian, udara yang terkontaminasi tidak sampai menembus sampai ke bagian kabin depan.

Baca juga: Meski Mudik Tetap Dilarang, Kemenhub Siapkan Regulasi Turunan

HiAce ini adalah modifikasi pertama yang dirancang oleh Toyota untuk membawa pasien Covid-19 yang sudah dalam konsisi parah.

Kendaraan ini pun dikembangakan atas permintaan pemerintah daerah untuk fasilitas medis, dan hal tersebut bagian dari proyek Kokoro Hakobu Toyota, yakni upaya kolektif perusahaan yang dimulai sejak gempa besar Jepang Timur beberapa waktu lalu.

Modifikasi Toyota HiAce jadi kendaraan medis Covid-19Motor1.com Modifikasi Toyota HiAce jadi kendaraan medis Covid-19

Saat ini, kendaraan yang umumnya digunakan sebagai moda transportasi travel dan logistik tersebut telah didonasikan ke Rumah Sakit Showa University yang berada di Tokyo. Seperti diketahui, Tokyo sendiri menjadi daerah zona merah Covid-19 dengan angka kematian yang cukup tinggi.

Baca juga: Mulai 7 Mei 2020, Masyarakat yang Nekat Mudik Didenda Rp 100 Juta

Upaya Toyota dalam penanganan Covid-19 juta tidak hanya itu saja, pada 10 April lalu, Toyota juga sudah menyumbang 11 kendaraan untuk pasien Covid-19 dengan gejala ringan di Tokyo, Prefektur Miyagi, dan Prefektur Chiba.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X