Pebalap MotoGP dan F1 Kelamaan di Rumah, Badannya Pegal-pegal

Kompas.com - 30/04/2020, 16:41 WIB
Daftar pebalap MotoGP 2020 Twitter @MotoGPDaftar pebalap MotoGP 2020
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejumlah seri balap dunia harus ditunda bahkan dibatalkan penyelenggaraannya akibat pandemi corona atau Covid-19.

Salah satunya balap Formula 1 yang harus menunda sampai awal Juli mendatang saat GP Austria. Padahal seri perdana harusnya sudah dimulai Maret 2020.

Balap MotoGP pun bernasib sama, bahkan baru-baru ini sejumlah seri dibatalkan seperti GP Qatar, GP Jerman, GP Belanda, dan GP Finlandia.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini 5 Warna Pelat Nomor Kendaraan di Indonesia

Formula 1Foto: Daily Express Formula 1

CEO Dorna Carmelo Ezpelata mengungkapkan bahwa balapan pertama MotoGP akan berlangsung di Republik Ceko Agustus 2020.

Dengan liburnya balapan, para pebalap pun hanya bisa beraktivitas dari rumah alias WFh ( Work From Home), seperti untuk latihan dan meningkatkan kemampuan.

Pengamat motorsport Arief Kurniawan, mengatakan, balapan virtual kerap dipilih para pebalap untuk menghafal kondisi trek.

Baca juga: Komentar Pencinta Morris Lihat Agya Diubah Jadi Mini

Wearpack pebalap MotoGPMotoGP Wearpack pebalap MotoGP

Namun itu saja tidak cukup, menurutnya pebalap harus tetap menjaga fisik dengan olahraga rutin dan beragam aktivitas fisik lainnya.

“Dipastikan pada balapan pertama F1 maupun MotoGP, para pebalap akan cepat pegal-pegal. Karena mereka kelamaan di rumah, bukan lama latihan fisik,” ucap Arief, dalam video konferensi (29/4/2020).

“Apalagi kalender balap kabarnya akan dibuat lebih padat, satu bulan bisa 2 atau 3 seri, kalau pandemi masih terus berlangsung. Saya kebayang fisik mereka bisa chaos,” katanya.

Meski begitu, Arief menambahkan bahwa masing-masing pebalap punya strategi untuk meningkatkan staminanya. Apalagi para pebalap biasanya merupakan atlet yang punya kebugaran di atas rata-rata.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X