Ini 8 Titik Penyekatan Kendaraan Pemudik di Jawa Timur

Kompas.com - 30/04/2020, 07:12 WIB
Akses keluar Sidoarjo Jalur A (dari arah Surabaya) menjadi salah satu titik check-point di Jawa Timur. jasamarga.comAkses keluar Sidoarjo Jalur A (dari arah Surabaya) menjadi salah satu titik check-point di Jawa Timur.
Penulis Ari Purnomo
|

SURABAYA, KOMPAS.com - Pengawasan terhadap keberadaan pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, semakin diperketat di berbagai wilayah.

Hal ini dilakukan menindaklanjuti adanya larangan dari pemerintah agar tidak ada pemudik yang nekat pulang ke kampung halamannya di tengah pandemi Corona.

Selain di DKI Jakarta, penyekatan kendaraan ini juga dilakukan di Provinsi Jawa Timur ( Jatim). Bahkan, jajaran kepolisian di berbagai daerah perbatasan antar provinsi sudah mendirikan pos pengamanan.

Baca juga: Macet di Bundaran Waru Warnai PSBB Surabaya Hari Pertama

Wadirlantas Polda Jatim, AKBP Pranatal Hutajulu mengatakan, setidaknya ada delapan titik pengawasan di perbatasan antar provinsi.

“Untuk penyekatan kendaraan pemudik ini ada di delapan titik wilayah perbatasan antar provinsi yang kami jaga,” katanya saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Tim gabungan pos penjagaan perbatasan Kota Tasikmalaya menindak tegas para pemudik untuk putar balik dan tak boleh memasuki wilayah Tasikmalaya, Rabu (29/4/2020).KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA Tim gabungan pos penjagaan perbatasan Kota Tasikmalaya menindak tegas para pemudik untuk putar balik dan tak boleh memasuki wilayah Tasikmalaya, Rabu (29/4/2020).

Pranatal menambahkan, seperti di wilayah Tuban yang berbatasan dengan Rembang, Bojonegoro dengan Cepu, Ngawi berbatasan dengan Mantingan di ruas tol,

“Kemudian, penyekatan juga dilakukan di perbatasan Ngawi dengan mantingan di jalan arteri. Perbatasan antara Ponorogo dengan Wonogiri, Magetan dengan karanganyar,” ucapnya.

Selanjutnya, tersedia juga di perbatasan antara Pacitan dengan Wonogiri dan di pelabuhan Ketapang Banyuwangi dengan Bali.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Rp 50 Jutaan yang Bisa Didapat dengan Cara Lelang

Dengan adanya penyekatan kendaraan ini, diharapkan tidak ada pemudik yang bisa lolos dan masuk ke wilayah Jatim.

Pranatal mengatakan, jika nantinya ada pemudik yang nekat melintas dan terjaring razia petugas maka akan langsung diminta putar balik.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X