Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bersama TVS, Norton Siap Masuk ke Era Motor Listrik

LONDON, KOMPAS.com - Perusahaan India, TVS Motor Company resmi mengakusisi merek asal Inggris, Norton. Kini sebagai pemilik baru, TVS sudah merencanakan strategi khusus buat Norton.

Direktur Pelaksana TVS Sudarshan Venu, mengatakan ada tiga hal yang disiapkan, pertama modal yang besar, kedua mengembangkan sistem keselamatan berteknologi tinggi, ketiga membuat motor listrik.

“Norton adalah merek ikonik. Kami ingin mengembalikan merek ini pada kejayaan sebelumnya, menghasilkan produk-produk unggulan yang dimilikinya, dan menyenangkan basis penggemar yang setia," katanya kepada Financial Times, mengutip Visordown, Minggu (26/4/2020).

Venu mengatakan, pembeli Norton adalah pelanggan dengan kategori super premium. Karena itu Norton juga harus meningkatkan kualitas produknya dengan teknologi terkini.

"Adalah penting bahwa kami membawa Norton ke masa depan, dengan sistem keselamatan, dan juga elektrifikasi. Norton ada di bagian atas, karena itu fitur ini penting untuk membawa merek di masa depan," katanya.

Saat ini Norton memang kalah saing dengan beberapa merek Inggris yag lain semisal Royal Enfield yang juga dimiliki korporasi India, atau Triumph.

TVS pun sangat antusias meminang Norton yang mengalami kesulitasn finansial. Adapun produk Norton saat ini tidak banyak, hanya yaitu Norton Commando, Dominator, V4 RR dan yang terbaru Atlas.

Seperti diberitakan, belum lama ini TVS resmi mengakusisi merek asal Inggris, Norton. Kesepakatan ditandai dengan pembelian Norton seharga 16 juta pounsterling atau setara Rp 309 miliar.

Sebelum dibeli TVS, Norton dikabarkan kesulitan keuangan sejak beberapa tahun terakhir. Salah satunya karena Stuart Garner, pemilik Norton dari 2008 salah manajemen dan dituduh menumpuk utang serta dana pensiun.

Norton pertama kali didirikan di Birmingham, Inggris pada 1902. Motor ini menjadi salah satu merek legendaris asal Inggris terutama di kancah balap, dengan meraih banyak kemenangan di Isle of Man TT.

Adapun TVS Motor merupakan korporasi besar di India. Naik daun di dunia internasional setelah bermitra dengan BMW membuat motor kecil. Kalau BMW yakni G310R maka TVS dengan Apache RR.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/26/084200215/bersama-tvs-norton-siap-masuk-ke-era-motor-listrik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke