Norton ES2, Motor Dengan Sejarah yang Panjang

Kompas.com - 06/12/2019, 08:42 WIB
Norton ES2 Oni FaristiwaNorton ES2

JAKARTA, KOMPAS.com - Redaksi kembali menghadirkan foto sepeda motor spesial (collectible item) dalam bentuk ilustrasi karya Oni Faristiwa. Liputan karya seni ini hadir reguler setiap Jumat, di kanal otomotif Kompas.com.

Kali ini, pada pekan ke-34 awak redaksi menghadirkan ilustrasi motor legendaris asal Inggris, yaitu Norton ES2 tahun 1961.

Baca juga: Harga Kawasaki Binter Merzy saat Ini

Norton ES2 merupakan motor yang punya kisah panjang. Model ini pertama kali dirilis pada 1927 dan baru berhenti produksi pada 1964.

Norton ES2 sering disebut sebagai ''Easy Two'' julukan yang didapat karena memiliki mesin yang sederhana. Penamaan E saat itu merujuk pada ''excessive'' atau sebagai edisi lebih, sedangkan huruf S merujuk pada model sport.

Norton ES2 Foto: Vintage Bike Norton ES2

Baca juga: Spesifikasi Harley-Davidson yang Diselundupkan di Pesawat Garuda

Menariknya selama masa hidupnya yang nyaris 40 tahun, motor ini memiliki beberapa model. Mulai yang terkenal yaitu Norton ES2 tahun 1949, kemudian Norton ES2 tahun 1957 hingga Norton ES2 1961.

Norton ES2 1961 lahir sebagai motor sport roadster. Spesifikasi mesinnya 490cc OHV berpendingin udara, memiliki diameter x langkah yaitu 79 mm x 100 mm. Mampu menghasilkan 25 tk pada 5500 rpm.

Generasi terakhir ES2 meluncur pada akhir 1964. Pada tahun berikutnya, 1965, Norton ES2 mengusung mesin dari Matchless namun berlogo Norton dan diberi label ES2 Mk2.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X