Mengapa Mayoritas Diler Jual Beli Tolak Motor Tua?

Kompas.com - 20/04/2020, 08:02 WIB
Ilustrasi motor sport 250 cc di diler motor bekas GridOto.comIlustrasi motor sport 250 cc di diler motor bekas

JAKARTA, KOMPAS.com - Diler jual beli sepeda motor bekas biasanya lebih memilih produk tahun muda untuk dipasarkan. Kalaupun ada motor tua, biasanya hanya model-model khusus, yang memang masih atau sedang diminati konsumen.

Ebun, pemilik H Ebun Motor di Depok, mengatakan, mayoritas diler motor bekas juga hanya menerima motor tua dengan kondisi orisinal karena konsumen d segmen ini berani bayar tinggi.

"Orang berani beli itu yang masih ori (orisinil), yang masih bagus. Kalaupun tahun tua, tapi masih ori, orang berani beli," kata Ebun kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Strategi Penjual Motor Bekas buat Akali Aturan PSBB

Bursa Motor Bekas ParjoKOMPAS.com/Gilang Satria Bursa Motor Bekas Parjo

Agung, pemilik Agung Jaya Motor di Jagakarsa, mengatakan, tren juga berpengaruh ketika mau menampung motor tua. Misalnya, saat ini, Yamaha RX-King tengah diminati lagi oleh konsumen karena nostalgia.

"Contohnya, Yamaha RX-King, sekarang yang kondisinya ori (orisinal) minta harganya tinggi banget," katanya.

Selain RX-King, Agung mengatakan, Yamaha Nouvo terutama yang model-model awal atau biasa disebut Nouvo Lele kembali naik daun dan dicari.

"Nouvo dulu enggak laku, sekarang jadi dicari," katanya.

Yamaha NouvoFoto: Istimewa Yamaha Nouvo

Baca juga: Pedagang Motor Bekas Pilih Untung Dikit daripada Gak Laku

Agung mengatakan, motor-motor seperti RX-King dan Nouvo sudah masuk sebagai motor koleksi. Karena itu, harganya masih cukup tinggi dan ada diler motor bekas yang berani jual.

Permasalahannya paling kadang motor-motor koleksi tidak berlaku harga pasaran. Pemiliknya biasanya mematok harga tinggi, apalagi jika kondisi mesin dan tampilannya sangat baik.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X