Pedagang Motor Bekas Pilih Untung Dikit daripada Gak Laku

Kompas.com - 15/04/2020, 14:21 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 dirasakan oleh banyak sektor termasuk penjual sepeda motor bekas. Ketimbang banyak unit menumpuk, tak sedikit yang mulai menurunkan harga jual motor seken.

Yosia Hermanto, pedagang motor bekas dari showroom Talenta Motor di Palmerah Barat, Jakarta, mengatakan, melihat situasi seperti ini maka lebih baik dapat untung sedikit ketimbang tidak sama sekali.

Baca juga: Ini Warna Motor Bekas yang Kurang Diminati Pembeli

"Kita pakai online juga, jual harga miring. Seperti kemarin itu kebetulan Yamaha Xmax, ada lebih sedikit ya sudah jual saja. Motornya juga kelewat gede, disimpan juga makan tempat," katanya kepada Kompas.com, Rabu (15/4/2020).

Honda BeAT Street siap didistribusikan di Jawa Barat.DAM Honda BeAT Street siap didistribusikan di Jawa Barat.

Untuk mencegah penumpukan, Yosia mengatakan, dia juga sudah tidak menambah unit dan lebih fokus menjual motor.

"Kita sedang tidak ambil motor, stop, jual motornya saja, kalau ada yang mau, dapat lebih dikit jual saja. Kemarin ada beberapa yang nawarin (motor) cuma kami tidak terima," katanya.

Darwin Danubrata, dari diler motor bekas Songsi Motor di bilangan Jagakarsa, Jakarta Selatan, mengatakan, di tengah situasi pandemi saat ini penjualan motor yang masih cukup baik ialah segmen skutik entry level.

Seorang model berpose di atas sebuah motor New NMAX saat acara peluncuran di Sirkuti Karting Sentul, Bogor, Sabtu (9/12/2017).KompasOtomotif/Alsadad Rudi Seorang model berpose di atas sebuah motor New NMAX saat acara peluncuran di Sirkuti Karting Sentul, Bogor, Sabtu (9/12/2017).

Baca juga: Motor Bekas 2-Tak yang Sering Jadi Bahan Modifikasi

"Macem macem sih, tapi paling laku Honda, skutik seperti Beat sama Vario. Yamaha Nmax juga masih laku," katanya.

Darwin mengatakan, saat ini showroom miliknya tutup sejak diberlakukannya PSBB DKI Jakarta. Karena itu dia beralih menjajakan barang dagangan lewat jalur online.

"Kita tetap iklan di online. Untuk cek kondisi motor bisa janjian soalnya showroom tutup. Kalau mau langsung diantar kita antar. Motor dicek di rumah konsumen tidak apa-apa," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.