Strategi Penjual Motor Bekas buat Akali Aturan PSBB

Kompas.com - 15/04/2020, 16:41 WIB
Motor Bekas KOMPAS.com/GilangMotor Bekas
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Showroom sepeda motor bekas menjadi salah satu sektor yang terkena kebijakan Pergub DKI Jakarta Nomor 33 Tahun 2020, mengenai Pembatasan Sosial Berskala Besar (SPBB).

Yosia Hermanto, pedagang motor bekas dari showroom Talenta Motor di Palmerah Barat, Jakarta, mengatakan, saat ini toko fisik sudah tutup mengikuti arahan dari pemprov DKI Jakarta.

Baca juga: Terdampak Corona, Pasar Mobil Bekas di Solo Anjlok hingga 90 Persen

"Kalau saya sebelum PSBB toko memang sudah tutup. Saat PSBB itu dapat surat edaran jadi memang tidak buka, dan sebagian motor taruh di rumah dulu," katanya kepada Kompas.com, Rabu (15/4/2020).

Karena itu, kata Yosia, saat ini praktis penjualan lebih banyak memakai sistem daring atau online. Konsumen yang tertarik bisa melihat langsung ke rumah.

Honda Vario di pedagang motor bekas Talenta MotorKOMPAS.com/Gilang Honda Vario di pedagang motor bekas Talenta Motor

"Jadi jualan bisa lewat online doang, motor sudah saya taruh di rumah, jadi kalau misalkan ada yang tertarik mesti lihat di rumah. Karena percuma buka toko juga tidak ada penjualan," katanya.

Baca juga: Penjual Mobil Bekas Harus Putar Otak Temukan Cara Jual Selama PSBB

Darwin Danubrata, dari diler motor bekas Songsi Motor di bilangan Jagakarsa, Jakarta Selatan, mengatakan, showroom juga sudah tutup sejak diberlakukannya PSBB.

"Kita tetap iklan di online. Untuk cek kondisi motor bisa janjian soalnya showroom tutup. Kalau mau langsung dianter kita anter. Motor dicek di rumah konsumen tidak apa-apa," kata Darwin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.