Tidak Boleh Berkendara Sembarangan, Ini Daftar Wilayah yang Terapkan PSBB

Kompas.com - 19/04/2020, 08:20 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mengurangi menyebaran virus corona alias Covid-19 di Indonesia, Kementerian Kesehatan telah menetapkan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa wilayah.

Hingga Minggu (19/4/2020), ada dua provinsi yang menerapkan pembatasan tersebut, yaitu DKI Jakarta dan Sumatera Barat.

Seiring dengan aturan PSBB, operasional kendaraan umum dan pribadi terbatasi. Di antaranya, pengurangan angkutan orang hingga 50 persen dari volume kendaraan dan dilarangnya ojek online mengangkut penumpang.

Baca juga: Aturan Berkendara Selama Penerapan PSBB di Jawa Barat

Petugas gabungan sedang melakukan pemeriksaan kendaraan yang melintas di pintu Tol Jagorawi di hari pertama penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Kota Bogor, Rabu (15/4/2020).KOMPAS.COM/RAMDHAN TRIYADI BEMPAH Petugas gabungan sedang melakukan pemeriksaan kendaraan yang melintas di pintu Tol Jagorawi di hari pertama penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Kota Bogor, Rabu (15/4/2020).

DKI Jakarta telah menetapkan PSBB sejak 10 April 2020 dan berlangsung 14 hari atau hingga 23 April 2020. Pembatasan ini kemudian diikuti oleh wilayah penyanggah seperti Bekasi, Bogor, Depok, serta Tangerang.

PSBB di Bodebek dilaksanakan pada Rabu (15/4/2020), sedangkan Tangerang pada Sabtu (18/4/2020).

Sementara di Sumatera Barat, Gubernur langsung menggelar rapat bersama bupati dan wali kota usai mendapat kepastian dari Kementerian Kesehatan pada Jumat (17/4/2020).

Hampir seluruh masa PSBB berlaku selama 14 hari sesuai dengan anjuran dari pemerintah.

Hanya untuk wilayah Banten masa PSBB berlaku selama 16 hari dan Tegal yang paling lama masa PSBB-nya selama 30 hari alias satu bulan (mulai 23 April 2020).

Baca juga: Mobil Pribadi dan Motor Melanggar PSBB Jakarta, Denda Rp 100 Juta

Petugas Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Pekanbaru mulai melakukan pemeriksaan terhadap pengendara sehari sebelum PSBB di Kota Pekanbaru,  Riau, dalam rangka mencegah wabah Covid-19, Kamis (16/4/2020).Dok. Polresta Pekanbaru Petugas Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Pekanbaru mulai melakukan pemeriksaan terhadap pengendara sehari sebelum PSBB di Kota Pekanbaru, Riau, dalam rangka mencegah wabah Covid-19, Kamis (16/4/2020).

"Selama PSBB, sepeda motor boleh berboncengan selama itu masih satu kelarga (satu KTP). Yang tidak boleh adalah membonceng orang lain tidak dikenal atau tidak ada tujuan penting," kata Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polresta Pekanbaru, Kompol Emil Eka Putra.

Berikut daftar wilayah yang memberlakukan PSBB:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.