Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Motor Koleksi dengan Harga Termahal Tembus Rp 300 Juta

Kompas.com - 17/04/2020, 06:51 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sulit sekali untuk memprediksi sepeda motor mana yang bisa menjadi motor koleksi. Apalagi, motor tersebut bakal punya harga yang selangit. Terkecuali jika motornya memang diproduksi secara terbatas.

Beberapa motor lawas yang pernah dipasarkan di Indonesia memiliki harga jual yang fantastis. Bahkan, ada yang harganya mencapai puluhan juta rupiah hingga ratusan juta rupiah.

Baca juga: Kenalan dengan Motor Lawas BMW R5, Kakek dari BMW R18

Kompas.com telah melakukan kurasi terhadap motor-motor yang ada di Indonesia dan terpilih 5 motor lawas yang patut dikoleksi, meski harganya sangat mahal. Kebetulan, kelima motor berikut adalah motor 2-tak.

Berikut 5 motor koleksi dengan harga termahal:

1. Suzuki RGR 150

Suzuki RGR 150Dok. Denison Wicaksono Suzuki RGR 150

Suzuki Indonesia pernah memasarkan motor sport 2-tak berkapasitas 150 cc di era '90-an, yaitu RGR Sprinter, RGR Crystal, dan RGR Tornado.

Di pasar motor bekas, RGR 150 pernah ada yang menjual dengan banderol Rp 50 juta. Kondisinya sepenuhnya orisinal. Sekarang ini, aksesorinya masih banyak yang jual, seperti fairing, cover speedometer, kaca mika visor windshield, hingga setang pistonnya. Motor ini patut dikoleksi karena dibekali dengan teknologi yang cukup canggih dibanding kompetitor sekelasnya.

RGR 150 dibekali dengan teknologi SIPC (Suzuki Intake Pulse Control) dan SSS (Suzuki Super Scavenging System) yang bertugas mengontrol masuknya bahan bakar sesuai kebutuhan mesin dan memberi asupan udara lebih banyak ketika mesin berada di rpm tinggi.

2. Yamaha TZM 150

Yamaha TZMMobildanmotorbekas.blogspot.co.id Yamaha TZM

Pada pertengahan tahun '90-an, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) mendatangkan TZM 150 dengan status completely built up (CBU) dan dalam waktu yang singkat. Sehingga, motor ini juga bisa disebut sebagai motor langka.

Di masa itu, TZM 150 mampu bersaing dengan berbagai kompetitornya, seperti Suzuki RGR 150, Kawasaki Ninja 150, dan NSR 150R.

Ricky Mahendra, salah satu pemilik TZM 150, menyebutkan bahwa saat ini harga motor tersebut mampu mencapai puluhan juta rupiah. Namun, banderolnya berbeda-beda di pasar motor bekas, karena langka dan hanya sedikit yang masih orisinil.

"Setelah TZM 150 keluar, harga yang semula Rp 9 jutaan jadi Rp 14 jutaan, terus naik Rp 16 jutaan, dan naik lagi sampai terakhir di angka Rp 24 jutaan. Mungkin sekarang Rp 40 jutaan. Motor ini berhenti dijual karena saat itu ada kejadian krisis moneter," kata Ricky.

Diyakini sekarang TZM 150 semakin naik harganya, mengingat motor sport 2-tak ini populasinya tak banyak.

3. Kawasaki Ninja 150 RR

Kawasaki Ninja 150 RRKawasaki Heavy Industries Kawasaki Ninja 150 RR

Kawasaki memang identik dengan motor sport, apalagi dari keluarga Ninja. Salah satunya adalah Ninja 150 RR alias Ninja 2-tak. Meski banyak diincar untuk dijadikan motor koleksi, tapi jarang sekali ada yang menjual dengan harga yang tinggi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com