Ojol Desak Aplikator Hilangkan Konsep Bagi Hasil Selama PSBB

Kompas.com - 14/04/2020, 08:42 WIB
Tampilan baru aplikasi perusahaan ride-sharing Go-Jek. Reza Wahyudi/KOMPAS.comTampilan baru aplikasi perusahaan ride-sharing Go-Jek.

JAKARTA, KOMPAS.com - Komunitas ojek online (ojol) mendesak agar para aplikator bisa meringankan pembagian pendapatan dengan para driver melihat situasi pendemi covid-19 saat ini yang minim order.

Ketua Presidium Nasional Garda Indonesia Igun Wicaksono, mengatakan, mendesak aplikator menurunkan pembagian hasil dari 80:20 menjadi 100 persen untuk driver selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Baca juga: Ikut Aturan Pemprov DKI, Polisi Larang Ojol Bawa Penumpang

"Saat ini pengendara 80 persen dan aplikator 20 persen. Kami mendesak selama PSBB aplikator menghilangkan potongan dan setelah masa PSBB diturunkan jadi 10 persen saja," kata Igun kepada Kompas.com, Senin (13/4/2020).

Mitra pengemudi Grab diperlengkapi alat perlindungan diri, salah satunya masker.Grab Indonesia Mitra pengemudi Grab diperlengkapi alat perlindungan diri, salah satunya masker.

Igun mengatakan, desakan menghilangkan potongan hanya selama PSBB. Sebab saat ini para pengendara ojol sangat kesulitan keuangan karena tidak boleh membawa penumpang, sedangkan penghasilan paling besar dari sana.

"Karena memang kami kesulitan membawa penumpang, apalagi dilarang, penghasilan dari barang tidak menentu dan untuk makanan kami harus keluar modal dulu untuk beli, kami tidak ada modal," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: YLKI Tolak Permenhub yang Izinkan Ojol Bawa Penumpang Saat PSBB

Igun mengatakan, membebaskan potongan selama PSBB berlangsung masih cukup masuk akal. Sebab selama ini aplikator sudah mendapat untung yang sangat besar dari para mitra pengendara.

"Selama ini mereka sudah mendapat penghasilan sangat besar dari ojek online, selama mereka beropreasi dari perusahaan kecil menjadi decacorn, ratusan triliun, anggap saja seperti menyumbang," kata Igun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.