Selama PSBB Bengkel Mobil Ditutup, Cek Bagian Ini Agar Tak Mogok di Jalan

Kompas.com - 14/04/2020, 07:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna menghentikan penyebaran pandemi Covid-19 atau virus Corona, Pemerintah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Selama masa ini, banyak bengkel yang tidak beroperasi alias tutup.

Dengan banyaknya bengkel yang tutup, akan sangat sulit untuk mencari pertolongan jika mobil yang dikendarai mengalami mogok di perjalanan.

Belum lagi jika mobil terpaksa menginap di bengkel, kita jadi harus beraktivitas keluar rumah dan meningkatkan risiko terpapar virus Corona.

Baca juga: YLKI Tolak Permenhub yang Izinkan Ojol Bawa Penumpang Saat PSBB

Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, untuk menghindari terjadinya mogok, maka diperlukan perawatan rutin. Meskipun, mobil jarang dipakai selama masa PSBB ini.

Ilustrasi garasi mobil.www.starcollisioncenters.net Ilustrasi garasi mobil.

"Kalau mengikuti standar pengecekan dilihat dulu semua kondisi chemical atau cairan, seperti oli mesin, minyak rem, air radiator, dan air aki. Pokoknya, semua yang bisa dicek sendiri," ujar Didi, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Didi menambahkan, tekanan udara pada ban, pasti ada penurunan. Semua bagian tersebut juga perlu rutin diperiksa, agar sewaktu-waktu mobil mau dipakai tidak mogok.

Baca juga: Pengendara yang Pelanggar PSBB di Bogor Terancam Sanksi Pindana

Zulpata Zainal, On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk, mengatakan kalau berencana meninggalkan mobil di garasi dalam waktu yang lama, tekanan udara pada masing-masing ban bisa ditambah.

“Jika mobil tidak dijalankan dalam waktu yang lama, sebaiknya ban udaranya diisi lebih 3 – 5 psi lebih dari standarnya, nanti kalau mau dipakai, bisa disesuaikan dengan rekomendasi pabrikan,” kata Zulfata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.