Mudah Ganti Oli Gardan Skutik di Rumah saat PSBB

Kompas.com - 13/04/2020, 10:42 WIB
Honda Vario 125 terbaru tanpa kick starter. KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRIHonda Vario 125 terbaru tanpa kick starter.

JAKARTA, KOMPAS.com - Diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat banyak bengkel tidak beroperasi. Namun, tidak harus selalu ke bengkel untuk melakukan perawatan sepeda motor, seperti mengganti oli transmisi atau oli gardan, pada skuter matik (skutik).

Perawatan skutik memang berbeda dibandingkan motor sport dan motor bebek pada umumnya. Skutik menggunakan oli khusus untuk gardan dan harus dilakukan penggantian secara rutin.

Baca juga: Bersihkan Kick Starter Motor di Rumah Saat Kondisi PSBB

Gofur, Kepala Mekanik Astra Motor Center Jakarta, mengatakan, penggantian oli gardan skutik bisa dilakukan di rumah. Cukup siapkan oli gardan yang dibutuhkan motor dan kunci ring ukuran 12 inci untuk membuka baut pembuangan.

Vespa tanpa kick starterStanly/Otomania Vespa tanpa kick starter

“Selain kunci ring 12 atau T 12, siapkan loyang penampung oli bekas, lalu buka baut pembuangan oli gardan. Setelah habis, pasang lagi baut pembuangannya. Kemudian masukkan oli gardan yang baru lewat lubang masuk yang letaknya lebih tinggi dari pembuangan. Setelah terisi, langsung ditutup bautnya,” ujar Gofur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gofur menambahkan, penggantian oli gardan tidak perlu disemprot dengan angin bertekanan. Oleh karena itu, penggantian oli gardan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Baca juga: Begini Cara Benar Merawat Motor Listrik di Rumah Saat Kondisi PSBB

“Angin kompresor mengandung air, jadi tidak disarankan untuk digunakan saat membersihkan transmisi. Dikhawatirkan nanti olinya terkontaminasi dengan air,” kata Gofur.

Untuk limbah oli bekasnya, Gofur menyarankan untuk dititipkan ke bengkel terdekat. Jangan asal membuang limbah oli dan mencemari lingkungan.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.