Jangan Nyalakan Wiper Saat Karetnya Kering, Ini Alasannya

Kompas.com - 06/04/2020, 09:02 WIB
Wiper mobil disaat hujan www.backfromthebrink.orgWiper mobil disaat hujan
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengoperasikan komponen pada mobil harus mengikuti ketentuan yang ada. Dengan begitu, maka usia suku cadang juga bisa terjaga dan tidak mudah rusak.

Seperti halnya, dalam mengoperasikan perangkat penyeka kaca atau wiper. Komponen yang bertugas membersihkan air saat berkendara dalam kondisi hujan ini, tidak boleh sembarangan dioperasikan.

Salah-salah, bisa menyebabkan kerusakan pada kaca bagian depan maupun belakang.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Cuci Mobil Disemprot Bisa Merusak Radiator?

Misalkan mengoperasikannya dalam kondisi karet wipernya kering. Dalam situasi itu kemungkinan ada kotoran atau bahkan kerikil kecil yang menempel di kaca maupun karet.

Mengingat, kendaraan terus digunakan untuk beraktivitas sehari-hari. Sehingga kotoran dari jalanan bisa saja menempel pada karet wiper.

Deretan mobil baru selesai diservis yang diparkir dengan posisi wiper diangkat. Kompas.com/Alsadad Rudi Deretan mobil baru selesai diservis yang diparkir dengan posisi wiper diangkat.

Sehingga, jika karet wiper dalam kondisi kering dan langsung dioperasikan berpotensi akan merusak karet dan juga kacanya.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor ( TAM) Didi Ahadi saat dihubungi Kompas.com, Minggu (5/4/2020).

Didi menambahkan, karet wiper sebenarnya tidak memerlukan perawatan khusus layaknya pada komponen kendaraan lainnya.

Baca juga: Begini Cara Kuras Radiator Mobil Sendiri di Rumah

Hanya saja, saat akan mengoperasikan juga harus dipastikan dahulu kondisi karet wipernya dan dipastikan dalam kondisi basah.

“Jangan difungsikan tanpa menggunakan air, karena kotoran pada kaca dapat merusak karetnya,” ucapnya.

Merawat wiper kaca mobilautofresh.net Merawat wiper kaca mobil

Pada kondisi tersebut, lanjut Didi, tidak hanya karet wiper saja yang akan mengalami kerusakan.Lebih parah, kaca mobil juga bisa saja rusak atau baret karena adanya kotoran pada karet wiper.

Baca juga: Catat, Ini Arti Angka pada Tutup Radiator Mobil

“Kalau karetnya sudah rusak bisa saja frame atau bladenya juga akan menggores kacanya, sehingga menyebabkan baret,” ujarnya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X