Bersihkan Helm dari Sisa Lem Action Cam Bisa Atasi Bosan saat WFH

Kompas.com - 03/04/2020, 16:01 WIB
Action camera ditempel di helm menggunakan double tape. Donny Dwisatryo PriyantoroAction camera ditempel di helm menggunakan double tape.

JAKARTA, KOMPAS.com - Innstruksi untuk bekerja dari rumah atau Work From Home ( WFH) diperpanjang akibat belum meredanya wabah virus Corona di Indonesia. Tak sedikit masyarakat yang mulai merasakan kebosanan.

Untuk menghilangkan rasa bosan tersebut, banyak yang mengatasinya dengan melakukan kegiatan bersih-bersih. Kegiatan ini bisa dilakukan dari hal yang paling kecil, yakni membersihkan helm.

Baca juga: Pasang Action Cam di Helm, ini Posisi Paling Tepat

Banyak pengguna roda dua yang menempel action cam pada helmnya untuk melakukan kegiatan motovlog. Umumnya, action cam ditempel menggunakan lem dua sisi atau double tape.

Action cam dipasang di dagu helm.Donny Dwisatryo Priyantoro Action cam dipasang di dagu helm.

Biasanya, ada residu dari lem tersebut yang tertinggal saat dilepas atau dicopot dari helm. Residu lem ini akan membuat tampilan helm menjadi kotor. Terutama, jika residu lem sudah bercampur dengan kotoran atau debu.

Tugimin, dari Research & Development PT Tarakusuma Indah (KYT Helmet), mengatakan, lem pada double tape dapat melumer jika terkena panas. Jadi, akan lebih mudah lepas atau membersihkannya saat dipanaskan.

"Bisa gunakan semacam air hot gun atau panaskan terlebih dahulu bagian lem yang menempel. Jangan terlalu panas dan dekat dengan permukaan helm. Bisa gunakan minyak goreng untuk melepasnya," terang Tugimin, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Ternyata Salah Pilih Ukuran Helm Bisa Berbahaya

Tugimin menambahkan, sebaiknya hindari penggunaan cairan atau pasta yang mengandung solvent. Sebab, zat tersebut beresiko mengikis lapisan cat.

"Saat menggunakan air hot gun jangan terlalu dekat dengan permukaan helm. Nanti performa helm bisa menurun jika kena panas di atas 50 derajat Celcius secara terus menerus," kata Tugimin.

Irwansyah, Technical Support helm Nolan dari DeRide Store, juga menambahkan bahwa masih ada banyak cairan lainnya yang bisa digunakan untuk menghilangkan sisa lem.

"Tapi yang sederhana dan aman, bisa dihilangkan dengan minyak kayu putih. Cukup digosok secara perlahan," ujar Irwansyah.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X