Dampak Virus Corona, Suzuki Stop Produksi Dua Pekan

Kompas.com - 03/04/2020, 07:42 WIB
Fasilitas produksi baru Suzuki di Cikarang, Jawa Barat, menyerap investasi 1 miliar dollar AS. M LulutFasilitas produksi baru Suzuki di Cikarang, Jawa Barat, menyerap investasi 1 miliar dollar AS.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) mengumumkan rencana penghentikan sementara aktivitas produksi mobil di Indonesia. Upaya ini dilakukan untuk mendukung kebijakan pemerintah guna mengurangi pandemi virus corona atau Covid-19, sehingga tidak lebih meluas.

"Saat ini yang jadi prioritas adalah kesehatan seluruh elemen perusahaan. Untuk alasan tersebut, Suzuki akan menghentikan sementara kegiatan produksi di pabrik sebagai salah satu upaya melindungi karyawan," kata Seiji Itayama, President Director SIM, dalam keterangan resminya, Kamis (2/4/2020).

Baca juga: Kisaran Harga MPV Murah Bekas April 2020, Mulai Rp 85 Jutaan

Suzuki akan menghentikan sementara kegiatan produksi selama dua pekan. Kondisi ini terhitung dari 13-24 April 2020 dan berlaku di tiga lokasi pabriknya, yakni Cakung, Tambun, dan Cikarang.

SUV murah Suzuki XL7KOMPAS.COM/STANLY RAVEL SUV murah Suzuki XL7

Walau demikian, Itayama menjelaskan bila Suzuki tetap akan memberikan upah secara penuh kepada karyawan yang untuk sementara waktu tidak bekerja sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Suzuki juga mengaku akan fokus pada menjaga kualitas layanan pelanggan.

"Karena di saat seperti ini, justru kami harus memberikan hal positif kepada masyarakat agar tetap tenang, termasuk dalam merawat kendaraan. Saya pastikan layanan aftersales Suzuki akan tetap berjalan di masa yang berat ini," ujar Itayama.

Baca juga: Hentikan Produksi, Honda Pastikan Pasokan Unit Masih Terkendali

Itayama menjelaskan, konsumen tetap bisa mengakses beberapa layanan Suzuki, mulai dari home service untuk perawatan berkala, sampai layanan jemput bagi kendaraan yang terpaksa harus dibawa ke bengkel.

Aktivitas bengkel SuzukiIstimewa Aktivitas bengkel Suzuki

Layanan SERA (Suzuki Emergency Roadside Assistance) pun tetap beroperasi 24 jam serta bengkel dan diler tetap buka seperti biasa. Tentu semua layanan tersebut dilakukan dengan memenuhi standar langkah pencegahan Covid-19.

Penghentian produksi imbas ancaman virus corona tak hanya dilakukan oleh Suzuki, beberapa merek lain bahkan sudah lebih dulu melakukan, seperti PT Honda Prospect Motor (HPM), PT Astra Daihatsu Motor (ADM), dan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.