Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dampak Virus Corona, Suzuki Stop Produksi Dua Pekan

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) mengumumkan rencana penghentikan sementara aktivitas produksi mobil di Indonesia. Upaya ini dilakukan untuk mendukung kebijakan pemerintah guna mengurangi pandemi virus corona atau Covid-19, sehingga tidak lebih meluas.

"Saat ini yang jadi prioritas adalah kesehatan seluruh elemen perusahaan. Untuk alasan tersebut, Suzuki akan menghentikan sementara kegiatan produksi di pabrik sebagai salah satu upaya melindungi karyawan," kata Seiji Itayama, President Director SIM, dalam keterangan resminya, Kamis (2/4/2020).

Suzuki akan menghentikan sementara kegiatan produksi selama dua pekan. Kondisi ini terhitung dari 13-24 April 2020 dan berlaku di tiga lokasi pabriknya, yakni Cakung, Tambun, dan Cikarang.

Walau demikian, Itayama menjelaskan bila Suzuki tetap akan memberikan upah secara penuh kepada karyawan yang untuk sementara waktu tidak bekerja sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Suzuki juga mengaku akan fokus pada menjaga kualitas layanan pelanggan.

"Karena di saat seperti ini, justru kami harus memberikan hal positif kepada masyarakat agar tetap tenang, termasuk dalam merawat kendaraan. Saya pastikan layanan aftersales Suzuki akan tetap berjalan di masa yang berat ini," ujar Itayama.

Itayama menjelaskan, konsumen tetap bisa mengakses beberapa layanan Suzuki, mulai dari home service untuk perawatan berkala, sampai layanan jemput bagi kendaraan yang terpaksa harus dibawa ke bengkel.

Layanan SERA (Suzuki Emergency Roadside Assistance) pun tetap beroperasi 24 jam serta bengkel dan diler tetap buka seperti biasa. Tentu semua layanan tersebut dilakukan dengan memenuhi standar langkah pencegahan Covid-19.

Penghentian produksi imbas ancaman virus corona tak hanya dilakukan oleh Suzuki, beberapa merek lain bahkan sudah lebih dulu melakukan, seperti PT Honda Prospect Motor (HPM), PT Astra Daihatsu Motor (ADM), dan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/03/074200815/dampak-virus-corona-suzuki-stop-produksi-dua-pekan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke