Sebelum Ganti Pelek Mobil, Pahami Dulu Ukuran PCD

Kompas.com - 31/03/2020, 13:32 WIB
Ilustrasi memilih pelek mobil bekas Dok. Otomotif GroupIlustrasi memilih pelek mobil bekas
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com - Mengganti kaki-kaki mobil menjadi salah satu pilihan untuk mengubah tampilan kendaraan menjadi lebih garang. Sekarang ini, banyak sekali pelek produk aftermarket yang tersedia di pasaran.

Tetapi, sebelum melakukan penggantian lingkar roda sebaiknya perlu diketahui PCD (pitch circle diameter).

Pasalnya setiap pabrikan mobil mempunyai PCD yang berbeda-beda, sehingga jika PCD-nya tidak sesuai maka pelek juga tidak akan bisa dipasang.

Jika belum tahu, PCD adalah jarak antara lubang baut yang ada pada pelek. Untuk jumlah lubangnya pun tidak hanya empat, ada yang lima, enak dan juga yang lebih banyak lagi.

Budi dari Danang Ban Velg Solo, mengatakan untuk jenis PCD itu berbeda-beda. Ada yang 100, 114, 114,3, 120, dan juga 139.

Baca juga: Ada Corona, Skutik Masih yang Terlaris di Pasar Motor Bekas

“PCD kan jarak antara lubang yang ada pada pelek, dan setiap mobil biasanya ada perbedaan jarak lubang itu,” katanya kepada Kompas.com, Selasa (31/3/2020).

Ilustrasi pelek mobil.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Ilustrasi pelek mobil.

Maka dari itu, sebelum melakukan penggantian pelek sebaiknya dipastikan dulu berapa PCD pelek. Pasalnya, lubang pada baut pelek jika dilihat sekilas akan mempunyai ukuran yang sama terlebih untuk ukuran 100, 112 maupun 114.

Sehingga, jika sembarangan memilih pelek akibatnya lubang PCD tidak sesuai, dan pelek yang seharusnya bisa dipasang terpaksa tidak bisa digunakan.

Owner Permaisuri Ban, Wibowo Santosa menjelaskan, untuk mengukur PCD adalah dengan menarik garis lurus antara dua lubang ban yang paling terjauh. Untuk satuan ukurannya adalah milimeter.

Baca juga: Akibat Corona, Penjual Motor Bekas Terpaksa Turunkan Harga

"PCD 100 biasanya untuk mobil-mobil kecil. Tapi menariknya, angka PCD itu berbeda-beda, ada yang 120, 139, dan sebagainya," ucap Wibowo.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X