Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Bensin Bisa Bertahan di Dalam Tangki?

Kompas.com - 29/03/2020, 07:42 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Tak hanya makanan dan minuman yang bisa basi atau kedaluwarsa, bahan bakar di dalam tangki pun demikian. Oleh sebab itu, pemilik kendaraan harus mengambil langkah antisipatif untuk menghindari bensin basi.

Tri Yuswidjajanto Zaenuri, Ahli Konversi Energi dari Fakultas Teknik dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung, mengatakan, bahan bakar bisa basi lantaran tercampur dengan zat kimia lain yang berada di dalam tangki.

“Makanya tangki bahan bakar usahakan harus penuh saat kendaraan ditinggal lama, atau sebaliknya dikosongkan,” ucap Yus, kepada Kompas.com (27/3/2020).

Baca juga: Mobil Tidak Dipakai Lama, Lebih Baik Aki Dicabut atau Tidak?

Tangki bahan bakar Wagon R GS AGS.Febri Ardani/KompasOtomotif Tangki bahan bakar Wagon R GS AGS.

“Selain itu, penting juga memanaskan kendaraan secara berkala misal dua atau tiga hari sekali, agar bahan bakar bersirkulasi,” ujarnya.

Menurut Yus, kondisi yang membuat bahan bakar menjadi basi adalah saat kendaraan terlalu lama tidak digunakan.

“Kalau ditanya waktunya mungkin tidak ada patokan khusus, karena tergantung dari kondisi bensin dan kondisi tangki bahan bakarnya,” kata Yus.

Baca juga: 3 Cara Ampuh Usir Tikus Masuk ke Ruang Mesin Mobil

Perawatan tangki bahan bakar kendaraanOtomania/Setyo Adi Perawatan tangki bahan bakar kendaraan

“Tapi kalau selama berbulan-bulan mobil atau motor tidak digunakan, unsur kimia dalam bahan bakar pasti berubah karena sudah terlalu lama mengendap dalam tangki,” ujarnya.

Seperti diketahui, isi tangki bahan bakar kendaraan bisa macam-macam apalagi kalau lama tidak pernah dikuras. Mulai dari kotoran, karat, hingga kandungan air, yang dapat mengkontaminasi kandungan bensin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com