Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaga Suspensi Sepeda Motor agar Awet

Kompas.com - 28/03/2020, 10:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comSuspensi sepeda motor bagian belakang berfungsi untuk memberikan kenyamanan pada pengendara dan penumpangnya yang dibonceng. Menggunakan motor juga sebaiknya sesuai dengan kebutuhan agar suspensi motor bisa berfungsi maksimal.

Sebelum suspensi jadi rusak, pemilik motor sebaiknya bisa menjaga kondisinya. Jika sudah rusak bisa memengaruhi kenyamanan dan keamanan ketika berkendara.

Adih, kepala bengkel Yamaha Mekar Motor Bintaro, memberi tips untuk menjaga suspensi belakang motor tetap awet dan berfungsi dengan baik, yaitu perhatikan beban dan rajin untuk membersihkan bagian suspensi.

Baca juga: Mengenal Kawasaki KR-1S, Motor Sport 250 cc Tercepat di Dunia

Tangkapan layar dari sebuah video yang memperlihatkan lima orang anak Sekolah Menengah Atas (SMA) berboncengan dalam satu sepeda motor viral di media sosial Instagram, Jumat (21/2/2020).INSTAGRAM/@FAKTA.INDO Tangkapan layar dari sebuah video yang memperlihatkan lima orang anak Sekolah Menengah Atas (SMA) berboncengan dalam satu sepeda motor viral di media sosial Instagram, Jumat (21/2/2020).

“Bagian suspensi itu sangat berpengaruh dengan beban, jangan berlebihan saja. Lalu sehabis memakai motor saat hujan, langsung dicuci dan dibersihkan,” kata Adih kepada Kompas.com, Kamis (26/3/2020).

Kelebihan beban pada motor bisa menyebabkan per shock cepat lemah dan kondisi seal-nya memuai atau sobek yang berakibat kebocoran oli shock. Kalau yang terkena air hujan, bisa menyebabkan karat dan merusak seal suspensinya.

“Kerusakan karena dua hal tersebut lebih ke seal yang bisa bocor. Kalau sudah bocor, suspensi akan mengeluarkan bunyi ketika melewati lubang dan jadi lemah. Pada saat jalan tidak rata atau belok, motor enggak stabil atau goyang,” ucap Adih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com