Cegah Penyebaran Corona, Jam Pelayanan Samsat Wilayah Jateng Dikurangi

Kompas.com - 20/03/2020, 06:32 WIB
Antrean wajib pajak di kantor Samsat Jakarta Barat pada H-1 penghapusan sanksi administrasi pajak kendaraan bermotor, Jumat (14/12/2018). Kompas.com/RIMA WAHYUNINGRUMAntrean wajib pajak di kantor Samsat Jakarta Barat pada H-1 penghapusan sanksi administrasi pajak kendaraan bermotor, Jumat (14/12/2018).
Penulis Ari Purnomo
|

SEMARANG, KOMPAS.com- Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Tengah (Jateng), mengeluarkan kebijakan terkait pengurangan jam pelayanan di kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat).

Kebijakan ini sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus corona atau covid-19 yang semakin meluas di Indonesia.

Kebijakan ini tentunya untuk pelayanan di kantor Samsat seluruh wilayah Jateng dan mulai diberlakukan hingga 31 Maret 2020.

Kepala Bapenda Provinsi Jateng, Tavip Supriyanto menjelaskan, kebijakan pengurangan jam kerja ini menindaklanjuti adanya Surat Edaran (SE) Gubernur Jateng Ganjar Pranowo nomor 965/932 tanggal 17 Maret 2020.

Baca juga: Warga Jateng Bisa Bayar Pajak Kendaraan Secara Online, Begini Caranya

“SE tersebut tentang petunjuk teknis pelaksanaan sistem kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona atau COvid-19 di lingkungan pemerintahan Provinsi Jateng,” kata Tavip kepada Kompas.com, Kamis (19/3/2020).

Jateng bebas BBNKB dan Denda Pajak Kendaraan bermotor@bapenda_jateng Jateng bebas BBNKB dan Denda Pajak Kendaraan bermotor

Tavip menambahkan, dengan adanya penyesuaian jam kerja ini maka pelayanan di kantor Samsat yang sebelumnya sampai pukul 15.00 WIB diubah menjadi hanya sampai pukul 12.30 WIB.

“Untuk hari Jumat pelayanan mulai pukul 08.00 WIB hanya sampai pukul 11.00 WIB,” ucapnya.

Sedangkan, lanjutnya untuk hari Sabtu pelayanan akan dilayani sampai pukul 11.30 WIB saja. Untuk sementara ini perubahan jam pelayanan ini akan berjalan sampai dengan 31 Maret 2020 mendatang.

“Sambil menunggu kebijakan dari pimpinan, perubahan jam pelayanan ini akan berjalan sampai akhir Maret,” ujarnya.

Baca juga: Bebas Denda Pajak Kendaraan buat Warga Jawa Tengah

Diharapkan, dengan adanya perubahan jam pelayanan ini dapat mencegah dan juga menekan tingkat penyebaran virus mematikan yang semakin meluas di berbagai wilayah di Indonesia.

Bayar Pajak Kendaraan di Telkomsel IIMS 2019KOMPAS.com / Aditya Maulana Bayar Pajak Kendaraan di Telkomsel IIMS 2019

Terpisah, Kasi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Unit Pengelola Pendapatan Daerah (UPPD) Samsat Solo, Nurma Riyanti mengatakan, selama ini pelayanan untuk pendaftaran pajak kendaraan sampai pukul 14.00 WIB.

“Selama ini masih dilayani untuk pendaftarannya sampai pukul 14.00 WIB, dan pukul 15.00 sudah masuk setoran,” katanya.

Perubahan jam pelayanan ini akan terus disosialisasikan kepada masyarakat atau wajib pajak yang akan melakukan pengurusan administrasi kendaraan di kantor Samsat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.